10 Ciri-Ciri Negara Demokrasi, Kekuatan Ada di Tangan Rakyat

Kamis, 02 November 2023 - 15:11 WIB

7. Kebebasan Media dan Pers



Media yang bebas dan independen adalah ciri penting dalam negara demokrasi. Media berperan sebagai pengawas pemerintah dan menyediakan informasi yang objektif kepada masyarakat.

8. Pemisahan Kekuasaan



Pemisahan kekuasaan adalah prinsip dasar dalam sistem pemerintahan demokratis yang dirancang untuk mencegah penyalahgunaan kekuasaan pemerintah dan melindungi hak-hak individu.

Dalam negara demokratis kekuasaan pemerintah dibagi menjadi tiga cabang yakni Eksekutif (Pemerintah), Legislatif (Parlemen), dan Yudikatif (Peradilan).

Pemisahan kekuasaan ini dirancang untuk mencegah akumulasi kekuasaan dalam satu tangan atau kelompok kekuasaan, yang dapat mengarah pada penyalahgunaan kekuasaan dan pelanggaran hak-hak warga negara.

9. Perlindungan Minoritas



Negara demokrasi memberikan perlindungan hukum terhadap hak-hak minoritas, dan memastikan bahwa minoritas tidak diabaikan atau diskriminasi.

Perlindungan minoritas dalam sebuah negara demokrasi merupakan prinsip fundamental dalam sistem politik yang menghormati hak asasi manusia dan kebebasan individu.

Hal ini penting untuk mencegah diskriminasi, marginalisasi, atau penindasan terhadap kelompok-kelompok minoritas, seperti etnis, agama, gender, orientasi seksual, atau kelompok-kelompok lainnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More