Mengenal Seknas Jokowi, Organisasi Relawan yang Dukung Ganjar Pranowo Jadi Presiden dan Dikunjungi Kaesang

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 21:26 WIB
Kunjungan mengejutkan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep ke Kantor Seknas Jokowi di Jakarta Selatan telah menarik perhatian publik belakangan ini. Foto/ANTARA
JAKARTA - Kunjungan mengejutkan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep ke Kantor Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi di Jakarta Selatan telah menarik perhatian publik belakangan ini.

Terlebih, Seknas Jokowi sendiri merupakan organisasi relawan yang mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres dalam Pilpres 2024. Belum banyak yang tahu sebenarnya apa organisasi relawan Jokowi ini dan apa yang mereka lakukan? Berikut profilnya.



Profil Seknas Jokowi

Seknas Jokowi atau yang memiliki kepanjangan nama Sekretariat Nasional Jaringan Organisasi Komunitas Warga Indonesia adalah organisasi relawan pendukung Presiden Joko Widodo. Sudah berkiprah sejak Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, organisasi ini diyakini merupakan organisasi yang loyal dukungannya terhadap Presiden Jokowi.



Seknas Jokowi ini merupakan organisasi yang penuh dengan kesukarelawanan. Tanpa diimbali dengan jabatan tertentu dari Presiden Jokowi, organisasi ini ikhlas berjuang menyuarakan tokoh yang didukungnya tersebut melalui serangkaian acara seperti turun ke jalan hingga menggelar diskusi publik.

Organisasi relawan ini kini dipimpin oleh Rambun Tjajo sebagai Ketua Umum untuk periode 2021-2026. Pada tahun 2021, Seknas Jokowi mengadakan Kongres Seknas pertama kalinya dan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi. Dalam kongres tersebut, Jokowi mengenang karier perjalanan politiknya dengan bernostalgia bahwa Seknas Jokowi merupakan organisasi relawan pertama yang ia kunjungi.

Dalam kongres yang pernah Seknas Jokowi adakan, agenda umumnya berkisar seputar situasi politik yang sedang terjadi di Indonesia, tak terkecuali dengan siklus politik elektoral kepresidenan, yang dimana mereka masih menyatakan akan terlibat ke depannya.

Antara Seknas Jokowi, Ganjar Pranowo, dan Kaesang
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More