Puan Maharani: DPR Sudah Sahkan 64 UU Sejak 2019

Rabu, 16 Agustus 2023 - 15:01 WIB
Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan kinerja parlemen dalam fungsi legislasinya sejak tahun 2019 bersama Pemerintah berhasil mengesahkan sebanyak 64 produk UU. Foto/ANTARA
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan kinerja parlemen dalam fungsi legislasinya sejak tahun 2019. Dia melaporkan, DPR bersama Pemerintah berhasil mengesahkan sebanyak 64 produk undang-undang (UU).

Hal ini disampaikan Puan dalam pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2023-2024 yang digelar di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Diketahui, dalam forum tertinggi di parlemen ini dihadiri Presiden dan Wakil Presiden. "Kami sampaikan kinerja Pembentukan Undang-Undang sejak tahun 2019 hingga saat ini, yang merupakan sejumlah undang-undang yang telah selesai dibahas DPR RI bersama Pemerintah," kata Puan dalam laporannya.



Adapun, dari 64 produk UU yang dihasilkan oleh sejumlah Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPR. Dengan rinciannya; Komisi I 6 UU, Komisi II 26 UU, Komisi III 6 UU, Komisi V 1 UU.



Berikutnya, Komisi VI 5 UU, Komisi VII 1 UU, Komisi IX 1 UU, Komisi X 5 UU, Komisi XI 5 UU, Badan Legislasi 7 UU, Badan Anggaran 1 UU, Panitia Khusus 3 UU.

Pada masa Persidangan ini, kata dia, DPR bersama Pemerintah dan juga DPD RI akan meneruskan pembahasan 13 Rancangan Undang-Undang (RUU) yang saat ini masih berada pada Pembicaraan Tingkat I dan RUU lainnya yang masuk dalam Prolegnas Prioritas tahun 2023.

"DPR RI akan menuntaskan setiap pembahasan Rancangan Undang-Undang tersebut, secara optimal dengan memperhatikan landasan konstitusional, aspek sosiologis, ekonomi, politik, dan juga aspirasi rakyat," tutupnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(maf)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More