6 Jenderal TNI Pemilik Brevet Kopassus Veteran Operasi Seroja, Nomor 4 Saksikan Komandan Gugur di Pelukan

Minggu, 09 Juli 2023 - 05:00 WIB
Di periode awal Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sutiyoso ditunjuk menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Namun, jabatan itu tidak lama, Sutiyoso digantikan Budi Gunawan. Kini, ia menjabat sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Partai Nasdem.

3. Jenderal TNI (Purn) Wiranto



FOTO/IST

Wiranto juga pernah ikut dalam Operasi Seroja pada 1975-1976. Mantan Panglima ABRI di era Presiden Soeharto, Presiden BJ Habibie, dan Presiden Abdurrahma Wahid itu memiliki brevet Kopassus di dada kirinya.

Keikutsertaan Wiranto dalam Operasi Seroja ditunjukkan dengan tanda penghargaan Satyalancana Seroja di baris ke-7 di dada kiri seragam tentaranya.

Sebagai tentara, Wiranto memiliki karier militer yang moncer. Prajurit kelahiran Yogyakarta, 4 April 1947 itu menduduki jabatan-jabatan strategis, antara lain ajudan presiden, Pangdam Jayakarta, Pangkostrad, KSAD, hingga Panglima TNI.

Setelah tidak aktif di militer, Wiranto dipercaya menjabat menteri. Antara lain Menteri Pertahanan Keamanan (Menhankam) 1998-1999), Menko Polkam (1999-2000), dan Menko Polhukam (2016-2019). Saat ini, Wiranto menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

4. Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto



FOTO/IST

Prabowo Subianto juga merupakan Jenderal TNI veteran Operasi Seroja yang memiliki brevet Kopassus. Abituren AKABRI 1974 ini berperan besar dalam memimpin sebuah misi penangkapan pemimpin Fretilin, Nicolau dos Reis Lobato.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More