Dulu Penulis Pidato KSAD, Siapa Sangka Karier Perwira Ini Lebih Tinggi dari Panglima TNI

Senin, 22 Mei 2023 - 10:11 WIB
Ketika MPR mengamendemen konstitusi yang membuka ruang pemilihan langsung presiden-wakil presiden, momen ini menjadi loncatan sejarah bagi SBY. Masih sebagai menteri, dia mulai memikirkan untuk terjun ke politik praktis. Pada 2001 dia mulai merancang pendirian parpol.

"(Pada) 12 Agustus 2001 sebuah pertemuan berlangsung di Hotel Hilton (kini Hotel Sultan) yang dipimpin langsung SBY. Dalam pertemuan itu mencuat keinginan untuk mendirikan partai politik," tulis Akbar Faizal dan Dwitri Waluyo dalam buku 'Partai Demokrat & SBY: Mencari Jawab Sebuah Masa Depan' (hal 43).

Seperti diketahui, Partai Demokrat akhirnya mewujud. SBY didapuk sebagai ketua umum. Ketika pemilihan presiden berlangsung pada 2004, lembaran sejarah kembali dituliskan mantan Kasdam Jaya itu. SBY yang berpasangan dengan Jusuf Kalla menjadi pemenang.

SBY boleh gagal menjadi KSAD, namun waktu mengantarkan dia sebagai atasan panglima TNI. Status presiden juga menempatkannya sebagai pemegang kekuasaan tertinggi Angkatan Perang RI.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(maf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More