Deretan Jenderal TNI Bintang 3 Alumni Akmil 1989, Didominasi Kopassus

Senin, 08 Mei 2023 - 08:46 WIB
Laporan Korps Kenaikan Pangkat Pati TNI AD yang dipimpin KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Rabu (27/4/2022). FOTO/TNI AD
JAKARTA - Jenderal TNI bintang 3 merupakan sebutan yang merujuk pada pangkat letnan jenderal (letjen). Pangkat yang ditandai dengan bintang di pundak berjumlah 3 ini hanya dimiliki oleh perwira tinggi TNI Angkatan Darat, berada di bawah jenderal dan di atas mayor jenderal (mayjen).

Tentu tidak mudah untuk mendapatkan pangkat jenderal TNI Bintang 3. Para prajurit harus mampu menjalani pendidikan, latihan, hingga mengemban beragam jabatan militer dengan sukses. Karena itu tidak banyak dari setiap angkatan pada Akademi Militer (Akmil) yang bisa meraih pangkat tersebut.

Jenderal TNI Bintang 3 Alumni Akmil 1989

Saat ini sejumlah jenderal TNI bintang 3 merupakan jebolan Akademi Militer (Akmil) 1989. Menariknya, sebagian besar dari mereka berasal dari kecabangan Infanteri Kopassus. Berikut daftarnya:

1. Teguh Muji Angkasa



Danpusterad Letjen TNI Teguh Muji Angkasa saat kunker ke lokasi bedah rumah tidak layak huni (RTLH) milik warga Dukuh Jetis RT 01/03, Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (20/03/23). FOTO/DOK.KODIM 0726



Letjen TNI Teguh Muji Angkasa merupakan perwira tinggi TNI AD. Pria kelahiran Madiun, Jawa Timur, 11 Juni 1967 ini merupakan lulusan Akmil 1989 dari kecabangan Infanteri (Kopassus).

Karier militer Teguh Muji Angkasa cukup cemerlang. Ia pernah mengemban jabatan strategis, seperti Wakil Komandan Jenderal Kopassus (2016-2017), Kasdam IV/Diponegoro (2018-2020), Komandan Jenderal Kopassus (2021-2022), hingga Pangdam XVII/Cenderawasih (2022).

Teguh Muji Angkasa meraih pangkat jenderal TNI bintang 3 ketika dipromosikan menjadi Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada Juli 2022. Mantan Kepala Penerangan Kopassus itu resmi menyandang pangkat Letjen TNI pada Oktober 2022.

Dalam prosesnya sebagai prajurit TNI, Teguh Muji Angkasa juga mengikuti sejumlah pendidikan militer setelah lulus Akmil. Antara alin Sesarcabif, Komando, Diklapa I, Selapa II, Seskoad, dan Sesko TNI. Ia juga mengoleksi sejumlah brevet atau tanda kemahiran yakni Brevet Komando, Brevet PARA Utama, Brevet Pandu Udara, Brevet Airborne, Brevet Anti Teror (Kehormatan), dan Brevet Terjun Bebas Militer (Kehormatan).
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More