Deretan Pasukan Elite TNI yang Pernah Terjun Libas KKB Papua

Jum'at, 05 Mei 2023 - 08:17 WIB
Pasukan Kopassus di Mako Kopassus, Jakarta, Jumat (28/4/2023). FOTO/ANTARA/FAUZAN
JAKARTA - Sejumlah pasukan elite TNI diterjunkan untuk mengejar Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB ) Papua. Mereka adalah satuan khusus yang memiliki kemampuan tempur darat, laut, maupun udara.

KKB Papua sebelumnya lebih dikenal dengan nama Organisasi Papua Merdeka (OPM). Kelompok ini menginginkan Papua lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menjadi negara merdeka.

Aksi kekerasan yang dilakukan KKB meresahkan masyarakat, bahkan menimbulkan korban jiwa. Atas beragam aksinya, KKB Papua kemudian ditetapkan oleh pemerintah masuk dalam Daftar Terduga Teroris dan Organisasi Teroris (DTTOT).

Berikut daftar pasukan-pasukan elite TNI yang ditugaskan untuk mengejar KKB di Papua:

1. Pasukan Setan TNI AD





Asops KSAD Mayjen TNI Eka Wiharsa mengecek kesiapan sekaligus memberi pengarahan kepada prajurit Yonif 315/Garuda yang berjuluk Pasukan Setan. Foto/Pendam Siliwangi

Pasukan Setan dari TNI AD yang dikenal juga dengan Yonif 315/Garuda, diterjunkan ke Papua untuk memberantas KKB. Pasukan ini terdiri dari 108 personel yang dilatih secara intensif sebelum diterjunkan ke lokasi tugas di Kabupaten Asmat dan Mappi. Pasukan Setan memiliki berbagai kemampuan dalam melaksanakan operasi militer perang, seperti teknik menembak, taktik, dan teknik pertempuran.

2. Kopasgat TNI AU



Pasukan Komando Pasukan Gerak Cepat Kopasgat milik TNI AU. FOTO/IST
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More