5 Komandan Kopassus Sebelum Prabowo Subianto, yang Terakhir Jadi KSAD 3 Presiden

Jum'at, 14 April 2023 - 05:30 WIB
Sampai saat ini Kopassus yang dibentuk sejak 1952 pernah dipimpin 36 orang komandan. Foto/istimewa
JAKARTA - Komandan Kopassus (Komando Pasukan Khusus) saat ini adalah Mayor Jenderal Deddy Suryadi. Dia merupakan komandan Kopassus ke-36 sejak kelahiran pasukan elite TNI tersebut pada 1952.

Pada tahun pertama pembentukannya, Kopassus masih bernama Kesatuan Komando Tentara Teritorium III/Siliwangi yang dikomandani Mayor Moch Idjon Djabi. Setahun kemudian, Kesatuan Komando Tentara Teritorium III/Siliwangi berganti nama menjadi Kesatuan Komanda Angkatan Darat (KKAD).

Pada 1955, KKAD kembali berubah nama menjadi Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) dengan komanda Mayor Inf R. E. Djailani. Pada 1966, RPKAD diubah menjadi Pusat Pasukan Khusus Angkata Darat (Puspassus AD) yang dipimpin Kolonel (Inf) Sarwo Edhie Wibowo.

Puspassus AD berganti nama lagi menjadi Komando Pasukan Sandhi Yudha (Kopassandha) pada 1970 dengan Brigjen Widjojo Soejono sebagai komandannya. Baru pada 1986 nama Kopassus digunakan dengan Brigjen Sintong Panjaitan sebagai komandan jenderal.





Lima Danjen Kopassus Pertama

Diawali dari Brigjen Sintong Panjaitan, jabatan komandan jenderal pada Kopassus juga mulai digunakan. Berikut lima danjen pertama sejak nama Kopassus digunakan.

1. Brigjen TNI Sintong Panjaitan



Foto/Wikipedia

Lulusan Akmil 1963 ini bernama engkap Sintong Hamonangan Panjaitan. Tentara kelahiran 4 September 1940 ini diketahui banyak mengukir prestasi selama karier militernya, salah satunya dalam Operasi Woyla.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More