3 Jenderal Polisi Bintang 2 di BNN, Salah Satunya Pernah Gagalkan Penyelundupan 298 Kg Ganja

Kamis, 16 Maret 2023 - 06:30 WIB
Tiga Jenderal Polisi Bintang 2 yang saat ini bertugas di Badan Narkotika Nasional (BNN) diulas dalam artikel ini. Foto/BNN
JAKARTA - Tiga Jenderal Polisi Bintang 2 yang saat ini bertugas di Badan Narkotika Nasional ( BNN ) diulas dalam artikel ini. Salah satu dari tiga Inspektur Jenderal (Irjen) Pol ini pernah menggagalkan penyelundupan 298 kilogram (kg) ganja lewat Pelabuhan Merak.

Dilansir dari laman resminya, BNN merupakan lembaga pemerintah nonkementerian (LPNK) Indonesia yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika, prekursor dan bahan adiktif lainnya kecuali bahan adiktif untuk tembakau dan alkohol.

BNN dipimpin oleh seorang kepala yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Adapun dasar hukum lembaga yang saat ini dipimpin oleh Komjen Pol Petrus Reinhard Golose itu adalah Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.



Sebelumnya, BNN adalah lembaga nonstruktural yang dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2002, yang kemudian diganti dengan Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2007. Lalu, siapa saja tiga Jenderal Polisi Bintang 2 yang saat ini bertugas di BNN?

1. Irjen Pol Wahyono



Foto/Dok BNN

Pria kelahiran Jakarta, 1 Februari 1967 ini menjabat Inspektur Utama BNN. Inspektorat Utama adalah unsur pengawas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala BNN.

Inspektorat Utama dipimpin oleh Inspektur Utama. Inspektorat Utama terdiri atas Inspektorat I, Inspektorat II, Inspektorat III, Inspektorat Pengawasan dan Pemeriksaan Khusus, serta Bagian Tata Usaha.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1990 ini dilantik sebagai Inspektur Utama BNN pada Jumat, 18 Juni 2021 di Ruang Pattimura Gedung Tan Satrisna BNN, Cawang, Jakarta bersama 11 pejabat lainnya. Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta ini pernah menjabat sebagai Kaurbinops Satlantas Polres Tasikmalaya Polda Jawa Barat (Jabar).

Kemudian, dia dipercaya sebagai Kapolsek Ciawi Polres Tasikmalaya Polda Jabar. Selanjutnya, lulusan S2 Fakultas Hukum Universitas Lampung ini menjabat Kasatlantas Polres Purwakarta Polwil Purwakarta Polda Jabar.

Wahyono juga pernah mengemban amanah sebagai Kapusdalops Polres Lampung Selatan Polda Lampung. Lalu, menjabat Kasatlantas Polresta Bandar Lampung Polda Lampung.

Setelah itu, dia dipercaya menjabat Wakapolres Lampung Selatan Polda Lampung pada 2002 dan Wakapolres Lampung Tengah Polda Lampung pada 2004. Sejumlah jabatan lain yang pernah dia emban adalah Kabagbinkar Ropers Polda Maluku, Kasubdit Binops Ditpolairud Polda Maluku, Kapolres Pacitan Polwil Madiun Polda Jatim, Kapolres Blitar Polwil Kediri Polda Jatim, dan Wadirlantas Polda Metro Jaya.

Wahyono pernah menjadi dosen utama di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol) pada 2013. Lalu, dia juga pernah menjabat sebagai Kapolresta Banjarmasin Polda Kalimantan Selatan, Karoops Polda Lampung, Analis Kebijakan Madya Bidang Jianstra Sops Polri, Irwasda Polda Bali, dan Inspektur Pengawasan dan Pemeriksaan Khusus BNN.



2. Irjen Pol Tantan Sulistyana



Foto/Dok BNN

Pria kelahiran Sumedang, Jawa Barat, 2 September 1968 ini menjabat sebagai Sekretaris Utama BNN. Tantan dilantik sebagai Sekretaris Utama BNN pada Selasa, 21 Februari 2023 di Gedung Tan Satrisna BNN, Cawang, Jakarta.

Sekretariat Utama merupakan unsur pembantu pemimpin, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala BNN. Sekretariat Utama dipimpin oleh Sekretaris Utama yang selanjutnya disebut Sestama.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Terpopuler
Berita Terkini More