Arus Balik, Jalur Puncak Padat Merayap

Senin, 04 Mei 2015 - 12:01 WIB
Arus Balik, Jalur Puncak Padat Merayap
Arus Balik, Jalur Puncak Padat Merayap
A A A
BOGOR - Arus balik wisata libur panjang Hari Buruh Sedunia membuat jalur Puncak, Cisarua, Bogor kembali dipadati ribuan kendaraan pelat B yang hendak pulang ke arah Jakarta kemarin.

Akibatnya, jalur wisata berhawa sejuk tersebut mengalami kemacetan sejak Puncak Pass, Perbatasan Kabupaten Bogor-Cianjur, hingga simpang Gadog, Pasir Muncang, Megamendung. Selain disebabkan banyak kendaraan yang keluar dari lokasi penginapan dan wisata, kemacetan juga akibat sejak pukul 11.00 WIB kawasan Puncak terus diguyur hujan sehingga banyak kendaraan yang menurunkan kecepatannya.

Terlebih saat menurun dan menikung. Berdasarkan pantauan closed circuit television (CCTV) di Pos Polisi IIB Gadog, Bogor, kemacetan terlihat di simpang Megamendung, Resto Cimory, Simpang Taman Safari Indonesia (TSI), Riung Gunung dan kawasan Masjid Attaawun.

Meski hari terakhir libur panjang, masih banyak juga kendaraan yang masuk ke kawasan Puncak dari arah Jakarta. Akibatnya kepadatan arus lalu lintas masih terus terjadi. Guna mengurai kemacetan, petugas Satuan Lalu Lintas Polres Bogor memberlakukan satu arah (one way ) dengan memprioritaskan kendaraan yang datang dari arah Puncak menuju Jakarta selama lebih dari dua jam.

”Saya mau pulang dari menginap dan wisata di TSI, Puncak. Saya kira sudah enggak kena macet. Ternyata meski diberlakukan one way, tetap saja macet,” kata Ramdan, 45, warga Depok saat ditemui di Rest Area, Cipayung, kemarin.

Kapolres Bogor AKBP Suyudi sudah memprediksi arus lalu lintas di jalur Puncak akan terus padat hingga kemarin petang. ”Maka itu, saya standby untuk memastikan pengawasan dan pengendalian jalur Puncak saat libur panjang,” jelas pria yang baru dua hari menjabat sebagai kepala Polres Bogor ini.

Suyudi menjelaskan, meski kawasan Puncak terus dipadati puluhan ribu kendaraan, tidak terjadi insiden kecelakaan selama libur panjang ini. ”Alhamdulillah hingga sekarang tidak ada kecelakaan,” sebutnya.

Haryudi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7116 seconds (0.1#10.140)