Atraksi Menegangkan di Sertijab Dankormar

Selasa, 28 April 2015 - 14:38 WIB
Atraksi Menegangkan di Sertijab Dankormar
Atraksi Menegangkan di Sertijab Dankormar
A A A
JAKARTA - Rangkaian acara pelantikan dan serah terima jabatan (sertijab) Komandan Korps Marinir (Dankormar) dari Mayjen (Mar) Ahmad Faridz Washington kepada Brigjen (Mar) Buyung Lalana berlangsung meriah.

Upacara dilaksanakan di Lapangan Apel Kesatrian Hartono, Brigif II MAR, Jalan Raya KKO, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (28/4/2015).

Acara yang dihadiri sejumlah mantan Dankormar dan Warga Kehormatan Korps Marinir TNI Angkatan Laut (AL) ini diwarnai berbagai atraksi dan defile alutsista yang dimiliki Korps Marinir.

Atraksi dimulai dengan aksi tim pemanah Marinir. Sekitar 10 pemanah berpakaian serba hitam dan berbaret ungu, membidik target berjarak kurang lebih 500 meter. Ada dua target utama di sisi kanan dan kiri dari replika rumah yang hendak mereka sasar.

Panah dilepaskan, dan bumm..! Setelah panah melesat mengenai sasaran, replika rumah yang juga menjadi target sasaran, meledak berkeping-keping.

Atraksi kemudian dilanjutkan dengan demostrasi penyelamatan tank lapis baja dari sergapan para
pembajak. Ada empat buah tank milik Korps Marinir hendak dibajak sekelompok orang tidak dikenal.

Setelah bertarung melawan prajurit Marinir dengan tangan kosong dan senjata tajam, belasan orang bermuka loreng ingin membajak tank berhasil dilumpuhkan.

Aksi pembajakan kemudian disusul dengan pertunjukan bela diri militer. Sebanyak 500 prajurit dengan tangan kosong serta bersenjata toya dan pedang saling berpasangan. Mereka mempraktikkan jurus bela diri militer terdiri dari kombinasi tendangan, pukulan, dan tangkisan.

Dalam rangkaian sertijab pejabat Dankormar baru ini, prajurit Marinir juga unjuk kebolehan mengendarai tank. Empat buah tank dikendarai dalam kecepatan tinggi dan berjalan zig zag menghindari ranjau musuh dengan membentuk formasi melingkar dalam posisi siap melepaskan tembakan.

Puluhan penerjun payung juga ikut ambil bagian dalam acara ini. Secara berurutan, para penerjun payung mengibarkan bendera Merah Putih, bendera Korps Marinir dan bendera bergambar Brigjen (Mar) Buyung Lalana sebagai Dankormar yang baru.

Sebagai penutup atraksi, para penerjun payung menyerahkan cendera mata berupa sebilah keris dan
foto Mayjen (Mar) Ahmad Faridz Washington yang sebelumnya telah dibentangkan di udara.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5140 seconds (0.1#10.140)