Kartu Sakti Tahap Dua Siap Diluncurkan

Sabtu, 25 April 2015 - 12:26 WIB
Kartu Sakti Tahap Dua Siap Diluncurkan
Kartu Sakti Tahap Dua Siap Diluncurkan
A A A
JAKARTA - Kementerian Sosial mempersiapkanpeluncurankartu sakti Presiden Jokowi tahap II di 12 kabupaten/kota. Kartu tersebut akan dibagikan untuk masyarakat petani, nelayan, buruh, dan pesantren.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa menyatakan persiapan launching Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ini nantinya akan dilakukan di 12 lokasi yang tersebar di kabupaten atau kota yang tersebar di seluruh Indonesia.

”Peluncuran ini sudah mendapatkan persetujuan dari Presiden Jokowi, ini sebelumnya juga sudah dibicarakan dalam sidang kabinet ataupun pada saat rapat terbatas bersama,” kata Khofifah dalam rapat koordinasi persiapan pelaksanaan launching KKS, KIP, dan KIS di Jakarta kemarin.

Menurutnya, pada launching kali ini sasaran lokasi yang dipilih pemerintah meliputi daerahdaerah yang ada unsur 4 segmen profesi keseharian masyarakatnya, yakni basis nelayan, petani, buruh, serta lingkungan pesantren. ”Ini kita targetkan ada 4 itu, kemudian tempat peluncurannya nanti kita launching di perkampungan bukan di kota,” ujarnya.

Peluncuran ini nantinya akan membutuhkan peran serta pejabat pemerintahan daerah untuk mengondisikan masyarakatnya agar bisa cepat tersalurkan dan tepat pada sasaran. ”Bagi desa, kecamatan, kabupaten/kota. Melihat peserta KKS dan KIS ini untuk siap di-launching, sebetulnya datanya sudah siap dan kartunya,” terang Khofifah.

Sementara Direktur Jenderal Perlindungan Sosial Kementerian Sosial Andi ZA Dulung mengatakan kartu sakti tahap II akan dibagikan langsung oleh Presiden Jokowi. Ada 12 kabupaten/kota yang akan menjadi wilayah distribusi, yakni Klaten, Sleman, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu, Belitung Timur, Jambi, Karawang, Papua, dan Papua Barat.

Alfian faisal
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4679 seconds (0.1#10.140)