DPR RI Jadi Pelopor Konferensi Parlemen Asia Afrika

Kamis, 23 April 2015 - 10:25 WIB
DPR RI Jadi Pelopor Konferensi Parlemen Asia Afrika
DPR RI Jadi Pelopor Konferensi Parlemen Asia Afrika
A A A
JAKARTA - DPR RI tengah menyelenggarakan Asian African Parliamentary Conference atau Konferensi Parlemen Asia Afrika. Acara tersebut akan dihadiri oleh 11 ketua parlemen dari 34 negara selatan.

Direncanakan acara yang telah dimulai sejak 19 April 2015 itu akan mulai pukul 08.30 WIB. Pantauan Sindonews, telah hadir para menteri Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mereka adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandy, Menteri Agraria Ferry M Baldan. Sementara Presiden Jokowi tiba tepat pada pukul 09.30 WIB dengan disambut dengan marching band.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan, Indonesia menjadi pelopor digelarnya Konferensi Parlemen Asia Afrika. Sebelumnya, kata dia, belum pernah ada negara-negara selatan yang menggelar Konferensi Parlemen Asia Afrika.

"Hari ini DPR menginisiasi gerakan parlemen Asia Afrika yang belum pernah ada. Dan tahun depan sudah ada negara yang jadi host," ujar Fahri di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/4/2015).

Menurutnya, dalam hubungan internasional, parlemen menjadi second trap diplomation. "Biasanya presiden to presiden dan goverment to goverment, sekarang ada parlemen to parlemen," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua DPR Agus Hermanto. Dia mengatakan, Konferensi Parlemen Asia Afrika yang sebelumnya tidak ada ini akan menjadi ajang kerjasama negara Asia Afrika.

"Nanti akan dibuat draftnya. Jadi meliputi kerjasama parlemen KAA," ujar Agus di tempat yang sama.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5102 seconds (0.1#10.140)