PDIP Tanggapi Pidato Jokowi di Acara KAA

Rabu, 22 April 2015 - 17:50 WIB
PDIP Tanggapi Pidato...
PDIP Tanggapi Pidato Jokowi di Acara KAA
A A A
JAKARTA - Pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menggelorakan kembali solidaritas bangsa-bangsa Asia-Afrika dianggap sangat tepat dan menyentuh persoalan fundamental saat ini menyangkut ketidakadilan di bidang ekonomi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menilai pidato Presiden Jokowi tersebut sekaligus menegaskan benang merah kesejarahan kepemimpinan Indonesia sejak Konferensi Asia Afrika (KAA), Gerakan Non Blok, dan Conferences of The New Emerging Forces (Conefo) yang dirintis Bung Karno.

"Semangat itulah yang PDIP rasakan. Kini momentum politik kita, untuk mengonsolidasikan seluruh kekuatan politik agar Indonesia secepatnya menyelesaikan berbagai persoalan internal kita," ujar Hasto, Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Menurutnya, Indonesia secara geostrategis berada diantara dua benua dan dua samudra memiliki tugas sejarah untuk memainkan peran sentralnya di dalam tatanan dunia baru yang lebih berkeadilan. Maka itu, pihaknya mendukung kebijakan Presiden Jokowi tersebut.

"60 tahun peringatan KAA membuka kembali sejarah kepeloporan Indonesia di dinia internasional. Ini menjadi momentum memulihkan rasa percaya diri dan martabat sebagai bangsa," tukasnya.

Dia berharap peringatan KAA tidak sekadar menegaskan tanggung jawab sebagai bangsa untuk membangun persaudaraan dunia. Dia menegaskan, agenda reformasi arsitektur keuangan dunia yang lebih berkeadilan diharapkan lebih konkret dirumuskan.

"Ajakan Indonesia untuk menjawab ketidakadilan dan ketidakseimbangan dunia, termasuk bagaimana memelopori tatanan dunia baru dengan melakukan reformasi struktural lembaga keuangan global, sangat relevan dan perlu mendapat dukungan semua pihak," jelasnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)