DPR Ajukan Rp6,8 T, Ini Penjelasan Agus Hermanto

Rabu, 22 April 2015 - 08:07 WIB
DPR Ajukan Rp6,8 T,...
DPR Ajukan Rp6,8 T, Ini Penjelasan Agus Hermanto
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menjelaskan, anggaran Rp6,8 triliun yang diajukan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR ditujukan untuk kegiatan kesekjenan DPR.

"Ini belum definitif, baru indikatif. Ini baru nanti yang diajukan pemerintah, dibicarakan ke pemerintah anggaran sebesar itu. Yang disetujui nanti belum tentu segitu, itu tergantung pembicaraan dengan pemerintah," kata Agus seusai Rapat Paripurna DPR, Selasa (21/4/2015).

Menurut Agus, kemungkinan anggaran ini juga ditujukan untuk pembangunan museum dan perpustakaan DPR seperti yang sudah diajukan sebelumnya sebagai bagian dari upaya menjadikan parlemen Indonesia menjadi parlemen modern.

"Bisa jadi masuk di situ (pembangunan museum dan perpustakaan). Kita lihat nanti detailnya dalam pembahasan. Ini kan masih anggaran indikatif," jelasnya.

Soal rencana renovasi gedung parlemen, Agus berpendapat bisa saja itu juga termasuk ke anggaran renovasi gedung DPR yang sudah cukup tua. Hanya saja, untuk detail rencana hal itu dapat diketahui ketika sudah masuk ke pembahasan. Sementara, ini baru diajukan ke pemerintah.

Selain itu, mengenai rencana polisi parlemen, menurutnya, itu masih sekadar wacana dari beberapa anggota yang kemudian dikonfirmasi ke pimpinan DPR sehingga terekspose ke media.

"Jadi, masih jauh panggang dari api. Masih dalam taraf wacana," tegasnya.

Lagi pula, Agus menambahkan, pengajuan Rp6,8 triliun anggaran di tahun 2016 ini kenaikannya tidak cukup signifikan jika dibandingkan dengan anggaran tahun 2015 yang besarannya Rp5,1 triliun. Terlebih, tenaga ahli (TA) anggota yang jumlahnya ditambahkan sementara sebelumnya hanya satu orang.

"Jadi, ini pagu indikatif yang nantinya akan dibicarakan dengan pemerintah untuk mendapatkan pagu yang sebenarnya," pungkasnya.

Baca juga: Ajukan Rp6,8 Triliun, DPR Berharap Kinerja Lebih Baik.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)