Video Game Tingkatkan Skill tapi Pengaruhi Perilaku

Minggu, 12 April 2015 - 11:03 WIB
Video Game Tingkatkan Skill tapi Pengaruhi Perilaku
Video Game Tingkatkan Skill tapi Pengaruhi Perilaku
A A A
Berita bagus dan berita buruk bagi para penggemar video game. Riset terbaru menunjukkan, permainan video game meningkatkan skill visual dan kognitif.

Meski demikian, terlalu banyak bermain video game mengakibatkan masalah perilaku. Dalam salah satu studi yang diterbitkan pekan lalu, para peneliti Universitas Brown menemukan, game tidak hanya meningkatkan skill visual tapi juga memperbaiki kemampuan mempelajari skill tersebut.

”Ada kemungkinan bahwa latihan visual yang dilakukan para pemain video game selama bertahun-tahun membantu menciptakan mekanisme dalam otak, khususnya untuk skill pengembangan visual,” tulis para peneliti dalam studi yang dirilis di jurnal sains PLoS One yang diterbitkan Public Library of Science, dikutip kantor berita AFP . ”Banyak orang masih melihat video game sebagai aktivitas membuang waktu meskipun riset mulai menunjukkan aspek manfaatnya,” ungkap Aaron Berard, salah satu penulis penelitian itu.

”Jika kita dapat menunjukkan bahwa video game mungkin mampu memperbaiki beberapa fungsi kognitif, mungkin kita sebagai masyarakat dapat menggunakan media dan teknologi terbaru dengan aplikasi positif.” Studi terpisah oleh para peneliti di Universitas Oxford menunjukkan dampak video game bagi anak-anak. Riset menyimpulkan bahwa anak yang bermain video game selama lebih dari tiga jam sehari akan cenderung hiperaktif, terlibat perkelahian, dan tidak tertarik di sekolah.

Tim peneliti Oxford itu menemukan bahwa masalah perilaku itu terkait waktu yang dihabiskan dalam bermain video game , bukan jenis game yang dimainkan. Mereka menyatakan, tidak ada kaitan antara bermain video game kekerasan dan agresi kehidupan nyata atau prestasi akademik anak. Mereka juga menyatakan, bermain game kurang dari satu jam sehari mungkin positif bagi perilaku anak.

Syarifudin
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7023 seconds (0.1#10.140)