Mengenal Beragam Komunitas Instagram

Sabtu, 11 April 2015 - 11:01 WIB
Mengenal Beragam Komunitas Instagram
Mengenal Beragam Komunitas Instagram
A A A
INSTAGRAM tumbuh organik sebagai jejaring sosial yang tidak hanya berbagai foto, juga wadah untuk berkumpulnya berbagai komunitas. GEN SINDO berhasil merangkum beberapa dari sekian banyak komunitas yang cukup hitsdi Instagram. Siapa saja mereka?

SQUAREGRAPHER
Squaregrapher adalah komunitas yang selalu mengunggah foto dengan ukuran 1:1 atau kotak. Bill Satya dan Galuh Tennes menciptakan hashtag #Squaregrapher yang kini sudah digunakan lebih dari 254.000 kali. ”Awalnya cuma iseng. Ternyata seminggu hashtag #Squaregrapher sudah dipakai 5.000 kali. Anakanaknya solid dan ingin terus kumpul, makanya dibentuklah komunitas ini,” tutur Galuh. Tema Squaregrapher tidak dibatasi. Adapun yang jadi tantangan utama adalah caranya menempatkan objek dengan tepat. ”Instagrammers harus membuat foto kotak seindah, sebagus, dan seasli mungkin walau tidak menutup kemungkinan dengan editing,” papar Galuh. Setiap 3 bulan sekali Squaregrapher menggelar photowalk bersama. Ada pula gathering di HUT Squaregrapher. Galuh mengaku menjalankan konsep komunitas ini seperti keluarga, tanpa membeda-bedakan followernya.

iPHONESIA
Berdiri pada 29 November 2010 oleh Aries Lukman, komunitas yang memiliki kepanjangan iDevices Photographer Indonesia ini awalnya hanya khusus untuk pengguna perangkat Apple. Namun, seiring berjalannya waktu, pengguna device jenis apa pun bisa bergabung. Community Manager Mashury Hardy mengatakan, iPhonesia membuka diri dan mengundang pengguna Android untuk bergabung dengan komunitas. ”Dari bio Instagram pun, kami mencantumkan open for all device. Dari yang sebelumnya iDevices Photographer Indonesia, kini menjadi Mobile Photographer Indonesia,” sebutnya. Bagi anggota aktif mereka, ada sekitar 70 orang-100 orang dari 42 ribu follower. Nah yang unik, iPhonesia tak melulu bicara foto. Namun, juga berbagai konten dan kegiatan unik. Mulai memilih foto terbaik harian iPhonesia of the Day (#iotd), foto menunjukkan semangat #iPhonesiaMorningGreeting, kompetisi bulanan #iPhonesiaLeague, serta iPhonesia Article yang berisi info dan tips di dunia mobile photography. Dan juga ada beberapa kegiatan offline yang dibuat oleh komunitas ini.

JOURNESIA
Jika kamu tertarik melihat keindahan alam Indonesia dari berbagai daerah, maka Journesia-lah tempatnya. Aktif sejak Oktober 2014, akun ini bertujuan mempromosikan wisata Indonesia. ”Kami ingin jadi wadah dan kolaborator bagi pelaku industri pariwisata di Indonesia,” sebut Ade Chrisnadhi, pendiri Journesia. Journesia sudah memiliki 11.400 followers. Tidak hanya di Instagram. Journesia juga memiliki platform ngeblog untuk para travellers, travel bloggers, dan travel photographers untuk berbagi cerita dan foto-foto perjalanan di Indonesia. Menggunakan bahasa Inggris, situs Journesia.com berharap agar kontennya bisa lebih global dan lebih banyak wisatawan asing yang tertarik datang ke Indonesia. Hashtag #journesia telah dipakai 76.000 kali. Mereka memajang berbagai foto inspiratif setiap hari, serta mewawancara traveler yang dianggap inspirator. Journesia juga membuka kesempatan untuk gerakan yang sifatnya sosial dan nonkomersial untuk mempromosikan aktivitas mereka secara gratis di akun ini.

Deasy Amalia
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3801 seconds (0.1#10.140)