Fokus pada Rakyat

Rabu, 08 April 2015 - 09:21 WIB
Fokus pada Rakyat
Fokus pada Rakyat
A A A
Ketika seorang pemimpin dihadapkan dengan sebuah pilihan antara kepentingan rakyat atau partainya, sebuah kepemimpinan seorang pemimpin mulai dipertanyakan dan keputusannya dinantikan.

Saat ini para elite politik yang berada di panggung pemerintahan mulai mementingkan partainya dan lupa akan kepentingan rakyatnya yang seharusnya merupakan tanggung jawab mereka secara konstitusional. Kini para petinggi partai mulai saling lobi politik untuk kepentingan partainya dan mengorbankan kepercayaan rakyat yang mendukungnya.

Namun di balik itu semua, masih banyak permasalahan bangsa yang belum terselesaikan dan masih banyak pula program-program pemerintahan yang belum berjalan dengan maksimal. Pemerintah boleh saja masih mengelak dengan alasan klasik bahwa dirinya dalam menjalankan roda pemerintahan di negeri ini belumlah genap setengah tahun.

Di sisi lain ungkapan lama berbunyi, ”Start yang baik akan menentukan hasil yang baik pula”. Hal inilah yang hendaknya dilakukan pemerintah dalam menjalankan semua program prioritas bagi rakyat Indonesia. Seharusnya pemerintah dan legislatif lebih fokus dalam mengemban aspirasi rakyat yang diwujudkan melalui kerja, daripada terkonsentrasi dalam pemecahan masalah partai ataupun pemenangan koalisi partai saja.

Para elite partai hendaknya juga memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dalam bernegara serta menginstruksikan hal positif kepada para kader terbaiknya untuk terus fokus dan mengutamakan kepentingan rakyat di atas segalanya. Sudah sepatutnya seorang pemimpin yang berjiwa besar hendaknya melayani dan mengayomi rakyatnya serta menempatkan kepentingan rakyat sebagai prioritas utama dalam masa kepemimpinannya.

Oleh karena itu, harapan bangsa ini kepada para wakil rakyat yang duduk di parlemen maupun pemimpin di negeri ini mampu menunjukkan kapasitas dan kapabilitas kepemimpinannya untuk membangun negeri ini. Selain itu, negeri ini juga butuh pemimpin yang benarbenar mencintai rakyatnya dan sumber daya yang dimiliki negeri ini.

Sudah sepatutnya pemimpin negeri ini mampu memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya dan perubahan yang lebih baik terhadap bangsa dan negara ini. ?

Ahmad Fauzi
Mahasiswa Jurusan Gizi Masyarakat, Institut Pertanian Bogor Institut Pertanian Bogor

(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8686 seconds (0.1#10.140)