Senyum Picu Keriput Wajah

Minggu, 25 Januari 2015 - 12:27 WIB
Senyum Picu Keriput Wajah
Senyum Picu Keriput Wajah
A A A
Begitu banyak mitos seputar kecantikan. Salah satunya, senyum dapat mempercepat keriput wajah. Benarkah demikian? Pakar kesehatan kulit dari Memorial Sloan Kettering Cancer Center, New York, Anthony Rossi, tidak menampik hal itu.

Namun, senyum bukan satusatunya faktor. Dia memaparkan, aktivitas di sekitar wajah akan membentuk sebuah alur pada kulit dan otot-otot muka, termasuk ketika cemberut, tersenyum, dan berbicara. ”Aktivitas-aktivitas itu akan membentuk lipatan nasolabial. Semakin bertambahnya usia, lipatan akan semakin terlihat,” katanya.

Menurut Rossi, faktor lain yang memengaruhi keriput adalah penurunan kolagen dan elastisitas kulit karena proses penuaan. Kondisi perubahaan biologis ini disebut sebagai penuaan intrinsik. Sementara itu, menurut pakar kesehatan yang lain, Marc Glashofer, perubahan wajah bersifat alami dan di luar kendali. Namun ada beberapa cara untuk mengurangi.

Salah satunya mengontrol paparan radiasi ultraviolet dari sinar matahari. Sebab, itulah penyebab nomor satu keriput. ”Semakin banyak sinar matahari yang diserap kulit, semakin banyak jaringan ikat yang rusak sehingga sifat elastis kulit akn menjadi lebih cepat berkurang,” ujar Glashofer.

Dina Angelina
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3218 seconds (0.1#10.140)