Curah Hujan Merata di Jabodetabek

Rabu, 21 Januari 2015 - 12:14 WIB
Curah Hujan Merata di Jabodetabek
Curah Hujan Merata di Jabodetabek
A A A
JAKARTA - Curah hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan merata di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Apalagi, bulan ini sampai Februari mendatang merupakan puncak musim penghujan.

Kepala Subdirektorat Informasi Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hari Tirto Jatmiko mengatakan, pada dasarnya intensitas hujan di Ibu Kota merata. Pada siang hari, wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Utara akan diguyur hujan. Sementara kota penyangga seperti Bekasi, Bogor, Depok, dan Tangerang juga akan diguyur hujan pada pagi ataupun malam hari.

“Untuk malam hari, semua wilayah akan diguyur hujan secara rata dan serempak dengan intensitas ringan hingga sedang. Suhu udara diperkirakan 24 hingga 31 derajat Celsius,” ujar Hari kemarin. Menurut dia, yang harus diwaspadai ketika curah hujan dalam waktu lama lebih dari tiga jam, dalam keadaan itu masyarakat harus waspada.

Kemudian, hal lain yang harus diwaspadai adalah saat curah hujan pada malam hari menjelang pagi hari, di mana masyarakat sedang istirahat. Adapun yang harus segera dilakukan yakni menyelamatkan barang dan surat berharga untuk mengantisipasi banjir. Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede mengatakan, pihaknya sudah menyiagakan petugas pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana untuk bersiaga jika sewaktuwaktu ada panggilan darurat.

Selain itu, pemkot juga menyiapkan lokasi untuk dijadikan dapur umum sehingga ketika ada kawasan Jakarta Pusat yang kebanjiran bisa segera dievakuasi. “Tahun ini pembuatan dapur umum tidak di lokasi bencana, tapi di kantor wali kota untuk selanjutnya didistribusikan ke warga,” ujarnya.

Ridwansyah
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6649 seconds (0.1#10.140)