Atraksi Pesawat Tempur Meriahkan Sertijab KSAU

Kamis, 15 Januari 2015 - 08:04 WIB
Atraksi Pesawat Tempur Meriahkan Sertijab KSAU
Atraksi Pesawat Tempur Meriahkan Sertijab KSAU
A A A
JAKARTA - Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia hari ini melangsungkan prosesi serah terima jabatan (Sertijab) kepada Marsdya TNI Agus Supriatna di Taxiway “Echo” Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara, Marsekal Pertama TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, sertijab ini menampilkan sejumlah atraksi dari para prajurit TNI AU dengan Komandan Upacara (Dan Up) Kolonel Pnb Joko Hadi yang sehari-hari berdinas di Koopsau I, Jakarta.

Menurut Hadi, prosesi sertijab dipastikan berlangsung meriah. Indikasinya, sertijab yang dipimpin PanglimaTNI Jenderal TNI Moeldoko dan dihadiri para pejabat teras TNI/TNI AU, Polri serta segenap prajurit dan PNS TNI AU, juga dimeriahkan dengan penampilan flypass pesawat-pesawat tempur TNI AU jenis F-16 Fighting Falcon dan T-50i Golden Eagle.

Penerbangan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon yang melintas di atas Lanud Halim Perdanakususma, di pimpinan Komandan Skuadron Udara 3 Mayor Pnb Muhtadi Anjar Legowo berangkat langsung dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Madiun. Sementara untuk pesawat T-50i di bawah mission commander Letkol Pnb Marda Sarjono melaksanakan take off dari apron Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

"Untuk flypass, empat pesawat tempur F-16 dan enam pesawat T-50i bergabung dalam satu formasi dengan call sign foxtrot flight. Selama tiga menit mereka melakukan tiga manuver, yaitu delta formation dan arrowhead formation dan aksi terahir ditutup dengan atraksi boomburst," ujar Hadi, Jakarta, Kamis (15/1/2015).

Selain aksi pesawat F-16 dan T-50i, juga dimeriahkan flypass oleh empat pesawat angkut C-130 Hercules, empat pesawat CN-295 dan empat Helikopter EC-120 Colibri. Sementara, untuk parade, sedikitnya 2.000 lebih pasukan dilibatkan untuk mendukung hajat pergantian KSAU kali ini.

Hadi menyebutkan, ada tujuh batalyon (Yon) yang dikerahkan, masing-masing, Yon Perwira Menengah (Pamen), Yon Perwira Pertama (Pama), Yon Gabungan (Taruna AAU, Wara dan Pomau), Yon Aircrew, Yon Paskhas, Yon Bintara/Tamtama (Ba/Ta) dan Yon PNS. Kegiatan sertijab KSAU juga dimeriahkan atraksi terjun payung para prajurit Kopaskhas yang diterjunkan dari pesawat C-130 Hercules.

Sebelumnya, menjelang pelaksanaan sertijab, pesawat-pesawat T-50i Golden Eagle tampak melakukan latihan terbang flypass di atas Jakarta. Deru mesin pesawat tempur dan atraksi udara pesawat buatan Korean Aerospace Industries (KAI) itu, sempat membuat detak jantung masyarakat di sekitar Lanud Halim Perdanakusuma yang menyaksikannya.

Pesawat tempur T-50i Golden Eagle, tergolong baru masuk jajaran alutsista TNI AU, yaitu sejak pertengahan Februari 2014 lalu. Sebanyak16 pesawat (satu skuadron) pesawat yang dibeli pemerintah Indonesia dari Korea Selatan datang dalam beberapa tahap pengiriman sejak 2013.

Pesawat tempur T-50i Golden Eagle digunakan sebagai pengganti pesawat latih lanjut Hawk MK-53 Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi, Madiun di bawah Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) II, Makassar.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8788 seconds (0.1#10.140)