Masyarakat Serbu Tempat Wisata

Jum'at, 02 Januari 2015 - 10:58 WIB
Masyarakat Serbu Tempat Wisata
Masyarakat Serbu Tempat Wisata
A A A
JAKARTA - Liburan tahun baru rasanya tidak lengkap tanpa berkunjung ke pantai atau tempat rekreasi lain. Hal itu terlihat dari animo ribuan warga yang mengunjungi pusat rekreasi Ancol, Kebun Binatang Ragunan, Pantai Anyer, Parangtritis, dan Bali.

Manajer Komunikasi PT Pembangunan Jaya Ancol Metty Yan Harahap mengatakan sedikitnya ada 150.000 pengunjung pada hari pertama tahun baru 2015 yang bermain ke berbagai wahana unggulan di Dunia Fantasi dan pantai-pantai rekreasi. “Wahana-wahana di Ancol masih menjadi favorit, apalagi ada wahana baru di Dunia Fantasi (Dufan),” kata Metty Yan Harahap di Jakarta kemarin.

Seperti tren pada tahun sebelumnya, menurut Metty, pengunjung diperkirakan sudah memadati kawasan Ancol sejak pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Metty memperkirakan minat mayoritas pengunjung juga akan dipicu wahana baru Dufan Ancol, yakni Hello Kitty Adventure. Wahana baru itu, menurut Metty, merupakan hasil kerja sama dengan Sanrio Jepang yang menghadirkan Hello Kitty, My Melody, Kero Kero Keroppi, Bad Batdz-Maru, yang disajikan dengan paduan konten lokal dari Indonesia.

Selain Ancol, tempat meriah untuk liburan tahun baru bersama keluarga adalah Kebun Binatang Ragunan. Dalam awal tahun ini sebanyak 120.733 pengunjung telah memadati Kebun Binatang Ragunan. Kepala Pusat Pengamanan Ragunan, Komisaris Polisi I Ketut Sudarsana mengatakan Ragunan masih menjadi tempat favorit warga Jakarta dan sekitarnya untuk berlibur.

“Jumlah pengunjung ini kurang lebih sama dengan tahun lalu atau pada hari-hari raya lainnya,” kata Sudarsana. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, membeludaknya pengunjung menyebabkan kemacetan di jalan-jalan utama menuju Ragunan seperti Jalan RM Harsono (sebelum pintu utara) ataupun Jalan Kebagusan Raya (pintu timur). “Sampai saat ini kami tidak melakukan pengalihan jalan, tetapi pintu masuk utara akan kami tutup pada pukul 15.00 WIB karena akan dikhususkan sebagai titik keluar utama,” beber dia.

Untuk mengantisipasi padatnya wisatawan, pihak kepolisian sudah menurunkan 363 petugas yang terdiri dari personel kepolisian sendiri, kesatuan pramuka Jakarta Selatan, dan juga relawan kesehatan. Menurut dia jumlah tersebut masih belum ideal karena satu petugas harus melayani sekitar 280 pengunjung. Selain mengatur lalu lintas, para petugas di Ragunan di sebar ke 12 titik di dalam kebun seluas 147 hektare. Mereka diharapkan dapat membantu para pengunjung untuk menemukan pusat informasi dan kebutuhan lainnya.

Puncak Macet 10 Km


Libur panjang tahun baru terus dimanfaatkan warga Jabodetabek untuk berwisata ke kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Imbasnya arus lalu lintas di jalur Puncak mengalami macet parah hingga 10 km kemarin. Untuk arus balik dari arah Puncak menuju Jakarta, ribuan kendaraan terlihat mengular mulai dari Puncak Pass hingga Pasar Cisarua,kemudian terjebak kemacetan kembali di Megamendung hingga simpang Gadog pada pukul 12.00 WIB.

Kemacetan disebabkan banyaknya kendaraan yang keluar dari persimpangan penginapan dan restoran seperti di daerah Cipayung, Megamendung, Pasir Angin, dan Pasir Muncang. Selain itu, tak sedikit kendaraan besarseperti bus yang keluar masuk objek wisata Taman Wisata Matahari dan Taman Safari Indonesia (TSI) serta pusat- pusat jajanan atau oleh-oleh yang ada di kawasan Puncak.

Guna mengatasi kemacetan, jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor memberlakukan sistem one way atau satu arah pada pukul 15.00 WIB hingga 17.00 WIB. “Tapi kita lihat kondisi dan situasi lalu lintas di atas (Puncak), kalau masih padat, one way kita perpanjang lagi waktunya,” kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Bramastyo Priaji kemarin.

Kemacetan juga terlihat pada jalur wisata kawasan Pantai Anyer-Carita, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Ribuan kendaraan milik wisatawan memadati kawasan jalan Pantai Anyer-Carita hingga terjadi kemacetan lalu lintas di sejumlah lokasi, di antaranya Pasar Anyer. Selain itu juga ditambah banyaknya kendaraan wisatawan yang hendak keluar dan masuk area pantai secara bersamaan dengan ruas jalan yang sempit.

Kepadatan kendaraan tersebut terjadi sejak pagi dan diperkirakan hingga berlangsung hari ini. Saat ini, ruas jalan Anyer menuju Cilegon yang hendak masuk pintu tol Merak- Jakarta juga terjadi kemacetan. Begitu juga Jalan Carita menuju Labuan yang hendak menuju perjalanan ke Pandeglang juga ramai. Diperkirakan kendaraan melaju dengan kecepatan di bawah 20 km/jam.

“Kami terjebak antrean kendaraan sejak keluar dari Pantai Karangbolong menuju Cilegon,” kata Hendro, warga Jakarta. Berdasarkan pantauan Polda Metro Jaya, perayaan malam pergantian tahun berlangsung aman. Bahkan selama perayaan tidak ada laporan signifikan perihal kejahatan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengatakan, berkaitan dengan pergantian tahun dan Natal yang tergabung dalam rangkaian Operasi Lilin berlangsung aman dan kondusif, tidak ada kasus atau kejadian yang menonjol. “Semuanya berjalan kondusif, tidak ada kejadian yang menonjol dan menjadi ancaman,” katanya.

Helmi syarief/Haryudi/Ant
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3078 seconds (0.1#10.140)