DPD Apresiasi Terbentuknya Bamagnas

Selasa, 23 Desember 2014 - 11:14 WIB
DPD Apresiasi Terbentuknya Bamagnas
DPD Apresiasi Terbentuknya Bamagnas
A A A
JAKARTA - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mengapresiasi lahirnya organisasi masyarakat (ormas) Badan Musyawarah Antar Gereja-gereja Nasional (Bamagnas) sebagai organisasi yang melakukan komunikasi antarumat Kristen juga antarumat beragama lain.

Ketua DPD Irman Gusman mendukung penuh Bamagnas untuk menciptakan kerukunan antarumat beragama di Indonesia. “DPD tentu mendukung sekali apa yang dilakukan Bamagnas sebagai komponen di masyarakat yang nanti kita harapkan bisa melakukan komunikasi dengan umat beragama lainnya dalam rangka menjaga kerukunan beragama supaya mereka merasa di rumah sendiri, feel at home di negara ini,” kata Irman saat menerima kedatangan rombongan Bamagnas di Gedung DPD, Jakarta, kemarin.

Irman mengharapkan ormas yang belum genap setahun berdiri ini dapat menjalankan proses konsolidasi terhadap umat beragama juga menjaga hubungan internal umat Kristiani. “Ini penting sekali dalam rangka membangun masyarakat yang damai dan demokratis,” paparnya.

Senator dari Sumatera Barat ini juga mengapresiasi Bamagnas yang memiliki program menghimpun pendapat dari gerejagereja yang ada di daerah dan berikutnya mengaspirasikannya ke pemerintahan dan parlemen. “Ini tentu memberikan kontribusi agar tercipta kerukunan antarumat beragama secara interagama maupun antaragama, baik masalah internal maupun eksternal,” ungkapnya.

Lebih lanjut Irman mengatakan, setiap agama punya banyak aliran, begitu pun di dalam agama Kristen. Karena itu, ujarnya, harus ada wadah yang membawahi komunikasi agar tidak terjadi salah paham atau mis komunikasi. “Kehadiran Bamagnas ini saya rasa baik sekali,” ujarnya.

Irman pun menyatakan, setiap masyarakat Indonesia punya hak yang sama dalam berekspresi dan mengembangkan diri. Apa pun agamanya dan sukunya warga negara dapat berekspresi secara maksimal sehingga akan lahir masyarakat Indonesia yang unggul dan berdaya saing tinggi. Menurut Irman, kehidupan antaragama sudah tercantum dalam dasar negara Pancasila yang menjadi wadah masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Wakil Ketua Umum Bamagnas Japarlin Marbun menyatakan, DPD bersama Bamagnas akan berkoordinasi dengan perwakilan DPD di daerah- daerah untuk membangun masyarakat yang sesuai dasar Bhinneka Tunggal Ika yang mewujudkan masyarakat adil, makmur, sejahtera, dan bahagia.

“Agar menjadikan masyarakat utuh untuk kita bangun bersama, internal dan eksternal dengan dasar Bhinneka Tunggal Ika, makmur, adil, sejahtera, dan bahagia,” ujarnya. Ketua Pelaksana Harian Bamagnas Timotius Hardono mengatakan, Bamagnas akan terus membangun jejaring yang baik di daerah dengan DPD. “Jadi, karena DPD adalah perwakilan daerah, Bamagnas di berbagai daerah di seluruh provinsi akan membangun jejaring yang baik dengan mereka,” ujarnya.

Mula akmal
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8316 seconds (0.1#10.140)