Peneliti Sel Induk Jepang Mundur

Minggu, 21 Desember 2014 - 13:42 WIB
Peneliti Sel Induk Jepang Mundur
Peneliti Sel Induk Jepang Mundur
A A A
Ilmuwan perempuan Jepang, Haruko Obokata, 31, Jumat (19/12), mengumumkan mengundurkan diri dari tempatnya bekerja, RIKEN Center for Development Biologi, karena dugaan manipulasi dalam penelitian sel induk.

“Saya bertanggung jawab telah menyebabkan masalah bagi sebagian orang karena saya tidak cukup pengalaman. Sulit menemukan kalimat tepat untuk meminta maaf,” ujar Obokata dalam pernyataan tertulisnya, dikutip AFP. Obokata tidak secara langsung memberikan keterangan pers dan sudah sejak April menghindari media.

Pengunduran diri Obokata dilakukan setelah RIKEN menyatakan bahwa sel induk yang dikembangkan diberi nama “STAP” tak bisa direplikasi. Padahal, banyak yang berharap penelitian yang dilakukan ilmuwan muda itu sukses.

Seorang ilmuwan Jepang yang mengklaim terobosan besar dalam penelitian sel induk telah mengundurkan diri setelah sebuah laboratorium pemerintah tempat ia bekerja tidak bisa mereplikasi hasil penelitian yang diklaimnya itu.

Akibat dugaan kebohongan tersebut, karier keilmuwan Obokata dalam ancaman. Ia sebelumnya dipuji karena memimpin penelitian yang meningkatkan harapan bagi penemuan cara sederhana menumbuhkan jaringan pengganti.

Sugeng wahyudi
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7923 seconds (0.1#10.140)