Indonesia-Malaysia Tingkatkan Kerja Sama di Perbatasan

Kamis, 04 Desember 2014 - 08:21 WIB
Indonesia-Malaysia Tingkatkan Kerja Sama di Perbatasan
Indonesia-Malaysia Tingkatkan Kerja Sama di Perbatasan
A A A
JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Angkatan Tentera Malaysia ingin bersama-sama meningkatkan kapasitas serta menjamin keamanan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan kedua negara melalui forum High Level Committe Malaysia-Indonesia (HLC Malindo).

Forum HLC Malindo tengah melaksanakan sidang ke-12 tahun 2014 di Jakarta, Rabu 3 Desember 2014 dan dipimpin oleh Jenderal TNI Moeldoko.

Hasil sidang ke-12 HLC Malindo ini di antaranya membahas masalah keamanan di laut, meningkatkan keamanan di perbatasan serta kerja sama latihan dan pendidikan diantara kedua negara, dan melaksanakan Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Dasarsa Malindo 2016 yang akan melibatkan kepolisian.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan, pada saat ini berbagai isu di sektor keamanan tengah muncul dan berpotensi mengancam stabilitas di kawasan ASEAN maupun kawasan lainnya di dunia.

Di antaranya, aksi kelompok radikal Non-State Actor atau juga dikenal sebagai ‘ISIS’ terus bergejolak di kawasan Timur-Tengah, konflik bersenjata di Ukraina, wabah penyakit menular Ebola, aksi terorisme dan kejahatan lintas negara.

"Klaim sepihak penguasaan wilayah perairan dengan penerapan 9-Dashed Line oleh negara adidaya di kawasan, juga telah membahayakan kehidupan masyarakat di kawasan ASEAN maupun di kawasan lainnya di dunia," kata Moeldoko melalui pers rilis yang diterima Sindonews, Kamis (4/12/2014).

Menanggapi fenomena keamanan tersebut, sebagai negara bertetangga Indonesia dan Malaysia perlu bekerja sama secara sinergi dalam suatu kerangka kerja sama atas dasar saling menghormati dan saling menghargai.

Melalui kerja sama kemitraan yang komprehensif diharapkan hasil yang dicapai kedua pihak mampu memberikan dampak positif serta bermanfaat bagi kedua negara dan kawasan sekitar.

"Kerja sama pada kurun waktu satu tahun terakhir ini, dari badan-badan di bawah Malindo HLC, telah melaksanakan kegiatannya dengan baik dan positif," kata Moeldoko.

Moeldoko pun mengajak semua pihak yang terkait dan terlibat dalam pelaksanaan sidang ke-12 Malindo HLC tahun 2014 untuk terus berusaha melakukan inovasi dan terobosan yang strategis, untuk mencari peluang baru dalam berbagai bentuk kerja sama antara kedua negara yang lebih produktif.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4664 seconds (0.1#10.140)