Pengelolaan Kota Tua Diserahkan ke Swasta

Senin, 01 Desember 2014 - 14:16 WIB
Pengelolaan Kota Tua Diserahkan ke Swasta
Pengelolaan Kota Tua Diserahkan ke Swasta
A A A
JAKARTA - Pengelolaan kawasan Kota Tua yang menjadi ikon wisata Ibu Kota akan diserahkan ke swasta. Upaya ini untuk menjaga situs Kota Tua lebih terawat.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengungkapkan, pihaknya berupaya keras tetap menjaga ikon-ikon wisata salah satunya Kota Tua. Selama ini wilayah di bagian barat Jakarta ini kerap menjadi kunjungan wisatawan. Namun, tidak sedikit juga yang mengeluhkan kondisinya. Agar Kota Tua ini terlihat rapi, pengelolaannya diserahkan ke swasta. Calon pengelola itu diminta untuk menata di bagian depan Bank BNI.

”Kita mau suruh swasta merapikan Kota Tua. Pekerjaannya dilaksanakan secara bertahap,” katanya kemarin. Rencana pengelolaan Kota Tua ke swasta mendapat sambutan baik dari Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Tetapi, dia mengingatkan, jika Kota Tua sudah dikelola swasta, harus memerhatikan kepentingan publik. Pengelolaan Kota Tua harus berkaca dari Ancol.

”Silakan saja diserahkankeswasta kalau memang itu bagus. Tapi, jangan sampai kondisinya seperti Ancol,” ungkapnya. Menurutnya, Taman Impian Jaya Ancol yang dikelola BUMD PT Pembangunan Jaya Ancol sudah menerapkan harga tiket masuk sangat tinggi. Itu tidak mengakomodasi kepentingan seluruh lapisan masyarakat untuk berekreasi.

Harga tiket masuk ke Ancol dibanderol Rp25.000/orang dan Rp20.000 biaya untuk mobil. Bagi yang menggunakan sepeda motor dipatok biaya parkir motor Rp15.000/kendaraan. Corporate Communication Manager PT Taman Impian Jaya Ancol Metty Yan Harahap mengklaim harga tiket masuk Rp25.000 per orang merupakan harga yang wajar.

”Feedback (timbal baliknya) dari tarif Rp25.000 adalah pengunjung mendapatkan pantai yang bersih dengan pasirnya yang putih, toilet yang bersih dan gratis, serta keamanan yang baik,” ungkapnya.

Ilham safutra
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4966 seconds (0.1#10.140)