Eskape Tagih Janji Jokowi Berantas Mafia Migas

Rabu, 26 November 2014 - 20:35 WIB
Eskape Tagih Janji Jokowi...
Eskape Tagih Janji Jokowi Berantas Mafia Migas
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta selektif memilih pejabat di BUMN, khususnya Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina.

Ketua Umum Solidaritas Pensiunan Karyawan Pertamina (Espekape) Binsar Effendi Hutabarat mengingatkan, jika benar hasil tim penilaian akhir (TPA) ada tiga nama dari eksternal Pertamina, pihaknya akan menuntut janji Presiden Jokowi saat musim kampanye pilpres.

Dia menyebutkan janji Jokowi saat itu adalah akan melakukan sejumlah pembenahan pada Pertamina dan merombak perusahaan pelat merah tersebut untuk memberantas mafia migas.

Apalagi, kata Binsar adanya kejahatan terstruktur, sistematis dan massif dalam pengelolaan migas, di mana selama ini sangat sepi dan jauh dari ruang pemberitaan dan diskursus publik, karena kuatnya perlindungan para mafia migas dari pusat kekuasaan.

"Niat Jokowi memberantas mafia migas nampaknya telah terinfiltrasi dari dalam, sehingga sangat sulit diharapkan niat tersebut akan terlaksana dengan baik pada prakteknya," ujar Binsar dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/11/2014).

Adapun tiga nama hasil TPA itu adalah mantan Direktur Niaga Pertamina era Dirut Ari Soemarno yaitu Ahmad Faisal. Mantan Direktur Keuangan Pertamina juga di era Dirut Ari Soemarno yaitu Ferederick Siahaan ST dan Deputi Pengendalian Komersial SKK Migas yaitu Widyawan Prawira Atmaja.

"Ari juga isunya merupakan salah satu kandidat terkuat untuk menempati komisaris utama di Pertamina menggantikan Sugiharto," ungkapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)