Amankan Pelantikan Presiden, TNI Kerahkan Pesawat Tempur

Minggu, 19 Oktober 2014 - 20:52 WIB
Amankan Pelantikan Presiden, TNI Kerahkan Pesawat Tempur
Amankan Pelantikan Presiden, TNI Kerahkan Pesawat Tempur
A A A
JAKARTA - TNI Angkatan Udara (AU) mengerahkan satu flight pesawat tempur sergap F-5E Tiger II dari Skuadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, untuk mendukung pengamanan pelantikan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi).

Jet-jet tempur ini sudah mulai melaksanakan operasi menjaga keamanan udara Ibu Kota sejak Sabtu 18 Oktober 2014.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, TNI AU tidak boleh lengah dalam mengawasi dan menjaga keamanan dirgantara, serta kedaulatan wilayah udara nasional RI dalam situasi dan kondisi apapun.

“Apalagi dalam acara penting lima tahunan seperti pelantikan Presiden RI yang keamanannya harus dijaga," kata Hadi kepada wartawan, di Jakarta, Minggu (19/10/2014).

"Sebab ini bukti pada dunia bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hingga periode pemilihan presiden yang ketujuh memang negara demokrasi sejati,” imbuhnya.

Flight tempur “Si Macan” tersebut akan dikendalikan oleh Pusat Operasi Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional I di Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Dalam operasi pengamanan ibu kota ini, dilaksanakan patroli udara secara teratur dan siap melaksanakan penyergapan udara bila dibutuhkan sesuai perkembangan situasi keamanan.

Di samping menggelar pesawat tempur F-5E dalam pengamanan ibu kota, TNI AU juga menyiapkan berbagai skuadron udara dari jenis tempur, transport dan helicopter, serta Pasukan Khas dan satuan lainnya.

Mereka siap mengantisipasi segala kemungkinan demi memberikan rasa aman bagi rakyat, serta mendukung upaya menjaga keberlangsungan sistem demokrasi di Indonesia.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6960 seconds (0.1#10.140)