Ali Masykur Ingin BPK Jangan Cuma Jadi Institusi Audit

Kamis, 16 Oktober 2014 - 15:28 WIB
Ali Masykur Ingin BPK Jangan Cuma Jadi Institusi Audit
Ali Masykur Ingin BPK Jangan Cuma Jadi Institusi Audit
A A A
JAKARTA - Mantan Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Ali Masykur Musa berharap, BPK tidak lagi dikenal sebagai institusi yang hanya mengaudit.

"Jadi begini, BPK dulu hanya dikenal sebagai pos audit," kata Ali di Gedung BPK Jakarta, Kamis (16/10/14).

"Setelah penggunaan anggaran tahunan baik itu APBN dan APBD selesai, baru dilakukan pemeriksaan. Padahal BPK itu mengelola tanggung jawab dan pengelolaan keuangan negara," imbuhnya.

Ketua Umum PP Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) periode 2012-2017 mengatakan, BPK bisa lebih maksimal dalam mengusut keuangan negara yang pengelolaannya dinilai tidak benar.

"Jadi tanggung jawab itu di-ending, kalau pengelolaan itu diproses. Sehingga dengan demikian potensi uang negara yang tidak masuk bisa kita lakukan pemeriksaan," ungkapnya.

Dia mengaku telah menyelamatkan uang negara melalui langkah audit yang ia terapkan.

"Alhamdulillah sejak saya jadi pimpinan BPK khususnya di sektor Sumber Daya Alam, BPK sudah mengumpulkan sekitar Rp2,7 triliun, menyelamatkan uang negara," paparnya.

Menurutnya, langkah audit yang digunakan adalah audit lingkungan dan audit on the way. "Yang pertama itu audit lingkungan dan yang kedua audit on the way jadi tidak hanya pos audit," jelasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6934 seconds (0.1#10.140)