Ini Tatib Pemilihan Ketua DPD

Kamis, 02 Oktober 2014 - 17:52 WIB
Ini Tatib Pemilihan Ketua DPD
Ini Tatib Pemilihan Ketua DPD
A A A
JAKARTA - Sebanyak 132 anggota DPD akan melakukan pemilihan pimpinan. Pemilihan hari ini merupakan kelanjutan paripurna yang diskors sehari sebelumnya.

"Kita melanjutkan sidang semalam yang tertunda untuk membahas tatib pemilihan pimpinan DPD," kata Anggota DPD I Gede Pasek Suardika di gedung DPR, Senayan,Jakarta Selatan, Kamis (2/10/2014).

Sahabt Anas Urbaningrum ini mengatakan, tertundanya paripurna semalam merupakan dinamika politik yang tidak terjadi di DPR.

"Ini kekhasan di DPD. Terlihat ada dua kubu yang menang. Satu berhasil merubah tatib, yang satu berhasil merubah waktu. Kekhasan ini tidak ada di DPR," kata dia.

Terkait mekanisme pemilihan pimpinan DPD, Gede mengatakan, sesui tatib Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan ketua DPD dengan tiga prinsip.

Pertama mencerminkan keterwakilan wilayah. Kedua, mendahulukan musyawarah untuk mufakat dan yang ketiga, memperhatikan keterwakilan perempuan.

Anggota yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon pimpinan DPD paling sedikit didukung lima anggota dari tiga provinsi di wilayah yang sama. Nantinya akan muncul tiga nama di masing-masing wilayah. Mereka akan maju jadi ketua wakil.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1978 seconds (0.1#10.140)