SBY Ungkap Tren WNI Berobat ke Luar Negeri

Senin, 14 Juli 2014 - 14:51 WIB
SBY Ungkap Tren WNI Berobat ke Luar Negeri
SBY Ungkap Tren WNI Berobat ke Luar Negeri
A A A
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengungkap tren warga Indonesia yang memilih berobat ke luar negeri untuk kesehatannya.

Hal itu diungkap SBY saat resmikan Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jalan Letjen MT Haryono, Jakarta Timur, Senin (14/7/2014).

Menurut SBY, hal itu dilakukan oleh warga Indonesia karena dilatari daya beli yang semakin meningkat. Sehingga kualitas yang ingin didapatkan juga semakin tinggi.

Namun hal itu bukan menjadi kabar baik bagi SBY. SBY justru menginginkan adanya respons atas kecenderungan warga Indonesia yang berobat ke luar negeri itu. SBY menginginkan peningkatan fasilitas kesehatan di Indonesia.

"Pada prinsipnya policy yang harus dianut adalah rumah sakit dan fasilitas kesehatan bagi masyarakat luas tetap ditingkatkan sepanjang masa, di seluruh tanah air," tegasnya.

Tren memperoleh fasilitas kesehatan di luar negeri, merupakan salah satu dari tujuh tren dan realitas yang disebut SBY dalam pidatonya.

Tren pertama menurutnya, adalah income perkapita dan daya beli rakyat Indonesia makin meningkat.

"Kedua, jumlah kelas menengah dan consumen class juga terus meningkat," kata dia. Tahun ini saja, diperkirakan jumlah konsumen class di Indonesia mencapai sekitar 60 juta orang, atau seperempat penduduk Indonesia.

Ketiga, usia harapan hidup rakyat Indonesia meningkat. Kemudian, keempat, gaya hidup penduduk Indonesia berubah. "Akibat perubahan gaya hidup itu, maka yang kelima, penyakit tidak menular juga meningkat," ucapnya.

Lalu, keenam, penyakit menular pun masih ada dan masih dihadapi. "Ketujuh, jangan lupa kenyataannya karena purchasing power makin baik, ingin mendapatkan kualitas pelayanan tidak sedikit warga negara indonesia yang berobat ke luar negeri," imbuhnya.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8996 seconds (0.1#10.140)