Cara Seniman Yogya Dukung Prabowo

Senin, 30 Juni 2014 - 16:56 WIB
Cara Seniman Yogya Dukung Prabowo
Cara Seniman Yogya Dukung Prabowo
A A A
YOGYAKARTA - Sebanyak 34 seniman perupa di Yogyakarta bakal melukis lambang negara Garuda Pancasila di atas kain sepanjang 17 meter dan lebar 2 meter, besok. Melukis bersama itu sebagai bentuk ekspresi dukungan kepada capres Prabowo Subianto.

Salah satu perupa, Bambang Darmo menyampaikan, semua kalangan saat ini terbagi dua dalam menentukan pilihan, yakin kubu Prabowo dan Jokowi. Begitu juga soal dukungan. "Kemarin ada juga yang mengajak saya untuk bergabung dalam mendukung Jokowi, tapi saya menolak karena pilihan saya Prabowo. Ini bukan tanding-tandingan, tapi memilih pemimpin merupakan hak setiap warga negara," kata Bambang di Rumah Merah Putih DIY, Jalan Pattimura No 1, Kotabaru, Yogyakarta, Senin (30/6/2014).

Bambang mengaku acara melukis bersama itu atas inisiatif para perupa yang sikap dan pilihan politiknya jatuh pada capres nomor urut 1. Mereka mengaku melakukan dukungan itu tanpa ada kontrak atau sponsor dari pihak mana pun. "Ini murni dari kita, biaya sendiri, kanvas beli sendiri, bawa sendiri, tak diberi sponsor-sponsor. Dukungan kami bukan pencitraan, kami murni menginginkan pemimpin yang tegas, jujur, apa adanya, berwibawa, peduli program pro rakyat," katanya.

Senada disampaikan konseptor acara, Lindu Prasekti. Lindu mengaku melukis gambar Garuda itu sebagai bentuk kelahiran dari sang garuda merah yang akan menghancurkan bentuk-bentuk keangkaramurkaan, keculasan, kebohongan, serta keserakahan. "Kelahiran Garuda diharapkan mampu mewujudkan kembali kemakmuran kejayaan nusantara," kata Lindu yang karya-karya seringkali dipamerkan di berbagai negara seperti Cina hingga negara-negara Eropa.

Lindu mengaku dukungan untuk Prabowo itu lahir saat para perupa berkumpul-kumpul. Mereka sedikit terusik dengan pemberitaan yang menyebut seniman di Yogyakarta menjatuhkan dukungan untuk Jokowi.

"Kita hanya ngumpul-ngumpul di studio, terus membentuk dukungan untuk Prabowo. Apa yang bisa kita lakukan, ya sudah ngelukis, selesai. Saya pikir Prabowo jika menang bisa membawa Indonesia lebih baik," katanya.

Artis papan atas Ahmad Dhani diprediksi akan menjadi tamu istimewa saat 34 perupa itu melukis. Adik ipar Prabowo, Anie Hashim Djojohadikusumo juga dijadwalkan akan menjadi tamu dalam acara besok. "Sebenarnya banyak yang ingin melukis, tapi kita batesin jumlahnya," ujar Indro Kimpling, salah satu tim media Rumah Merah Putih DIY.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8645 seconds (0.1#10.140)