Dukungan ke Capres Tak Efektif Tanpa Kerja Nyata

Selasa, 17 Juni 2014 - 23:06 WIB
Dukungan ke Capres Tak Efektif Tanpa Kerja Nyata
Dukungan ke Capres Tak Efektif Tanpa Kerja Nyata
A A A
JAKARTA - Dukungan kader Partai Demokrat kepada Prabowo Subianto - Hatta Rajasa dianggap bakal berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat terhadap calon presiden dan calon wakil presiden yang diusung Koalisi Merah Putih itu.

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengatakan, kehadiran dan dukungan para elite Partai Demokrat di kubu Prabowo-Hatta tidak boleh dianggap sebelah mata.

Menurut dia, dukungan tersebut secara nyata bisa menjadi motor pemenangan Prabowo-Hatta. “Namun dukungan itu harus diwujudkan secara riil. Dukungan Partai Demokrat terhadap pasangan ini bisa menjadi energi baru,” ujar Hendri, Selasa (17/6/2014).

Dia berpendapat, dukungan sejumlah elite Partai Demokrat itu berpengaruh secara psikologis, karena kubu Prabowo-Hatta mendapatkan tambahan kepercayaan.

Dampaknya ke masyarakat juga bisa serupa. Hanya, kata dia, kepercayaan tersebut belum cukup guna mengumpulkan dukungan suara yang masif karena harus diiringi kerja-kerja nyata politik.

“Dukung mendukung itu berpengaruh pada psikologi siapa saja, termasuk masyarakat. Tapi itu saja belum cukup. Harus ada aksi kongkret di tingkat riil suara, yakni ketika pencoblosan,” katanya.

Dia mengatakan, kemampuan merealisasikan dukungan riil perlu dilakukan. Seluruh tim sukses Prabowo-Hatta, kata dia, harus bekerja memanfaatkan dukungan elite politik Partai Demokrat.

Hendri yakin kekuatan bakal lebih besar jika elite politik partai berlambang mercy itu turut bekerja menggalang kekuatan massa guna mendulang suara untukPrabowo-Hatta.

“Trennya para pemilih itu tidak mau berada pada kubu yang kalah. Semua ingin masuk dalam kubu pemenang. Di sinilah peran tim sukses merealisasikan dukungan tersebut,”ungkapnya.

Anggota DPR Partai Demokrat Achsanul Qosasih mengatakan bahwa 115 para deklarator anggota Fraksi Demokrat akan bekerja turun ke daerah pemilihan masing-masing guna menggalang suara rakyat dan mensosialisasikan program-program pasangan Prabowo-Hatta.

Menurut dia, kesesuaian visi dan misi dengan Partai Demokrat menjadi alasan utama dukungan ke Prabowo-Hatta.

Sebanyak 115 dari 148 anggota Fraksi Partai Demokrat di DPR pada Senin 16 Juni 2014 menyatakan mendukung pasangan Prabowo-Hatta.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5811 seconds (0.1#10.140)