UI Luncurkan Situs Analisis Media Soal Capres

Selasa, 17 Juni 2014 - 14:00 WIB
UI Luncurkan Situs Analisis Media Soal Capres
UI Luncurkan Situs Analisis Media Soal Capres
A A A
JAKARTA - Sejumlah mahasiswa Laboratorium Perolehan Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) membut situs layanan analisis media sosial Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Republik Indonesia 2014 – 2019.

Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko menjelaskan situs tersebut adalah layanan yang menyajikan hasil analisis terhadap capres dan cawapres 2014-2019 di media sosial.

Analisis dipaparkan dalam bentuk persebaran dan popularitas para calon di media sosial, sentimen pengguna terhadap masing-masing calon serta topik yang paling sering dibicarakan oleh pengguna untuk setiap calon.

"Analisis dilakukan terhadap kedua pasang capres dan cawapres dimana penyajian data dibuat sedemikian rupa agar dapat dimengerti masyarakat dari berbagai kalangan. Dalam mengolah datanya, tim pengembang layanan memegang prinsip independen dan teruji secara ilmiah agar informasi yang disampaikan bermutu dan bebas dari manipulasi," tutur Farida dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Selasa (17/6/2014).

Pengembang layanan online tersebut terdiri atas mahasiswa Fasilkom UI mulai dari jenjang Sarjana hingga Doktor. Mereka adalah M Ibrahim Alkaf (S3 Ilmu Komputer), Omar Abdillah (S2 Ilmu Komputer), Amanah Ramadiah (S1 Ilmu Komputer) dan Elsa Darwin (S1 Ilmu Komputer).

Saat ini layanan dapat diakses oleh publik secara online pada laman http://budaya.cs.ui.ac.id/pilpres2014/. Salah satu pengembang situs itu, Omar Abdillah menjelaskan situs ini memiliki beberapa fitur menarik yang bisa dilihat secara langsung atau real time.

Omar mengatakan, perkembangan dunia internet menjadikan media sosial seperti Twitter, Facebook dan lainnya sebagai salah satu sarana strategis untuk berkampanye. "Layanan analisis yang kita kembangkan mampu memberikan informasi penting dan berimbang, seperti topik terhangat dari calon presiden, pergerakan sentimen dan popularitas capres hingga dengan persentase akun manipulator (buzzer) capres.” ujarnya.

Keempat mahasiswa tersebut tergabung dalam kelompok peneliti dari Lab Perolehan Informasi atau yang biasa disebut Lab IR (Information Retrieval) di Fasilkom UI.

Kelompok peneliti tersebut telah melakukan penelitian di bidang media sosial sejak tahun 2010 serta telah melakukan beberapa publikasi ilmiah terkait bidang ini.

Selain itu, mereka juga telah mengikuti kompetisi internasional di bidang analisis data dan sentimen pada media sosial. Diharapkan kontribusi para mahasiswa tersebut mampu menyukseskan Pilpres 2014
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6688 seconds (0.1#10.140)