Harapan KPK dari Debat Capres-Cawapres

Senin, 09 Juni 2014 - 10:15 WIB
Harapan KPK dari Debat Capres-Cawapres
Harapan KPK dari Debat Capres-Cawapres
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) sesi pertama dengan tema pembangunan demokrasi, pemerintahan yang bersih dan kepastian hukum.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai lembaga antikorupsi menyampaikan, mereka akan menilai keduanya dari apa yang disampaikan pasangan capres serta cawapres mengenai pemerintahan yang bersih.

"Kita lihat saja visi dan misi program sejauh mana (komitmen pemberantasan korupsi)," kata Wakil Ketua KPK Zulkarnaen di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (9/6/2014).

Ia pun berharap pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dengan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) bisa berkomitmen mengenai visi dan misi mereka di bidang pemberantasan korupsi.

"(Kita lihat) komitmen visi-misi dan program dari mereka seperti apa," pungkasnya.

Sekadar informasi, KPU menggelar lima sesi debat capres dan cawapres, rangkaian itu dimulai tanggal 9 Juni 2014 (hari ini). Putaran pertama akan dimoderatori oleh Direktur Pusat Kajian Antikorupsi Universitas Gadjah Mada (UGM) Zainal Arifin Mochtar.

Debat berikutnya dilangsungkan pada 15 Juni 2014 dengan tema Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial yang diikuti masing-masing capres. Yang ketiga dilaksanakan pada 22 Juni 2014 dengan tema Politik Internasional dan Ketahanan Nasional, juga diikuti setiap capres.

Putaran keempat ialah debat cawapres yang dilangsungkan pada 29 Juni 2014 berkaitan Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Iptek. Terakhir debat pasangan capres-cawapres pada 5 Juli 2014 bertemakan Pangan, Energi dan Lingkungan.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6715 seconds (0.1#10.140)