RCTI Kembali Beri Penghargaan Bagi Tokoh Inspiratif

Selasa, 03 Juni 2014 - 08:00 WIB
RCTI Kembali Beri Penghargaan Bagi Tokoh Inspiratif
RCTI Kembali Beri Penghargaan Bagi Tokoh Inspiratif
A A A
JAKARTA - Seputar Indonesia RCTI kembali memberikan penghargaan kepada tokoh berita yang berkontribusi bagi kehidupan masyarakat dan bangsa.

Penghargaan berupa Anugerah Seputar Indonesia (ASI) ini akan disiarkan langsung di RCTI pada Selasa (3/6/2014) pukul 22.00 WIB. Perhelatan ini bertema Peduli Bagi Bangsa.

Ketua Dewan Juri ASI 2014 Arya Sinulingga yang juga Pemimpin Redaksi RCTI menjelaskan ajang ini sudah digelar selama empat kali.

Menurut dia, ASI sudah diberikan kepada banyak tokoh yang berpengaruh dan konsisten, tidak hanya bagi komunitas, tapi juga bangsa dan negara.

Dia memaparkan, ASI 2014 akan memberikan tujuh penghargaan dengan kategori Tokoh Muda Mendunia, Tokoh Transformasi Sosial, Tokoh Fenomenal, Bintang Arena, Tokoh Inspirasi, Tokoh Inovasi, dan Tokoh Seputar Indonesia.

Seperti tahun sebelumnya, kata Arya, penilaian untuk menentukan pemenang melibatkan masyarakat. Dengan begitu, keputusan yang dihasilkan fair.

"Melalui Anugerah Seputar Indonesia, kami ingin memotivasi masyarakat untuk terus berkarya, peduli terhadap bangsa, dan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan orang-orang di sekelilingnya," ujar Arya seusai jumpa pers ASI 2014 di MNC Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin 2 Juni 2014.

Dia menjelaskan, pada tahap seleksi, dewan juri telah menyaring 25 orang dari 35 tokoh yang masuk sebagai nominasi Anugerah Seputar Indonesia.

Menurut Arya, seleksi yang dilakukan dewan juri tidak sampai menentukan pemenang. Sebab pemirsa juga bisa ikut menentukan tokoh pilihan dengan mengirim SMS dengan cara mengetik ASI (spasi) kode kategori, kirim ke 6288. SMS voting mulai dibuka pada 15 Mei 2014 dan ditutup 3 Juni pukul 00.00 WIB

Wakil Pemimpin Redaksi Seputar Indonesia yang juga merupakan salah satu juri Anugerah Seputar Indonesia, Eddy Suprapto menjelaskan, alasan pemilihan tema Peduli Bagi Bangsa dilandasi oleh realitas masyarakat akhir-akhir ini.

Menurut dia, ada kelompok orang yang memberikan angin segar menyatukan masyarakat untuk membangun bangsa dengan melepaskan atribut agama, suku, politik. Tokoh ini juga dihargai karena pemikiran dan kepeduliannya terhadap kondisi masyarakat.

Eddy menambahkan, proses seleksi untuk menentukan nominasi ini memakan waktu satu tahun. Tim bekerja mulai Mei 2013 sampai Mei 2014. Hasilnya, terpilih ratusan orang yang masuk nominasi.

Dari ratusan orang yang terpilih, kata dia, dewan juri telah mengerucutkan hingga menjadi 35 tokoh. Kemudian, kembali dikerucutkan menjadi 25 orang yang lolos sebagai nomine ASI tahun ini.

Dia menjelaskan, kriteria nomine yang terpilih yakni sosok yang harus menginspirasi dan memberikan dampak positif bagi sekitarnya. Tokoh yang tidak terserap pada pusaran politik pada tahun politik.

"Tokoh kecil yang tetap berjalan di jalan sunyi guna memberikan muatan terhadap berbagai perubahan di sekeliling dimana ada tokoh yang tanpa gembar gembor meminta bantuan pemerintah mampu menggerakan masyarakat, " tutur Eddy.

Oleh karena itu, kata dia, Seputar Indonesia RCTI ingin memberikan apresiasi kepada sosok orang pekerja tanpa pamrih.

Dia tidak menampik adanya pro dan kontra dalam menentukan sosok yang masuk nominasi. Namun pro dan kontra merupakan hal biasa karena yang terpenting tokoh itu bisa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

"Seperti Ignasius Jonan, Direktur PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) yang mampu mengubah wajah perkeretaapian Tanah Air menjadi lebih baik, nyaman dan tertib," tutur Eddy.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5353 seconds (0.1#10.140)