Deretan Tanda Jasa Komjen Pol Suntana Lulusan Akpol 1988

Jum'at, 26 Januari 2024 - 06:31 WIB
loading...
Deretan Tanda Jasa Komjen Pol Suntana Lulusan Akpol 1988
Deretan tanda jasa yang dimiliki Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Pol Suntana diulas dalam artikel ini. Foto/Dok Polri
A A A
JAKARTA - Deretan tanda jasa yang dimiliki Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Pol Suntana diulas dalam artikel ini. Jenderal Bintang 3 Polri ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988.

Dikutip dari laman resmi Polri, Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) adalah salah satu badan pelaksana tugas pokok Polri di bidang intelijen. Tugas pokok Baintelkam untuk menyelenggarakan kegiatan penyelidikan, penggalangan, dan pengamanan guna melakukan upaya pencegahan dan antisipasi terhadap segala bentuk hakikat ancaman.

Baintelkam dipimpin oleh perwira tinggi (pati) Polri berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen). Adapun Komjen Pol Suntana menjabat Kabaintelkam sejak Juni 2023.

Tidak sedikit tanda jasa yang telah diterima pria kelahiran Jakarta, 2 Juni 1966 ini. Apa saja?

1. Bintang Bhayangkara Pratama


Tanda jasa ini diterima Komjen Pol Suntana pada Rabu, 11 Desember 2019. Saat itu, Suntana masih menjabat sebagai Wakabaintelkam Polri dan berpangkat Irjen Pol.

Ketika itu, ada 26 perwira tinggi Polri termasuk Suntana yang menerima tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Pratama. Pemberian anugerah saat itu dilakukan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis.

Penganugerahan tanda jasa diwakilkan kepada empat Pati Polri ketika itu, yakni Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Komjen Pol Firli Bahuri, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Wakil Badan Siber dan Sand Negara (BSSN) Komjen Pol Dharma Pongrekum, dan Deputi Bidang Pemberantasan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Irjen Pol Firman Santyabudi.

Bintang Bhayangkara Pratama merupakan tanda kehormatan yang diberikan kepada personel Polri dan non Polri yang berjasa dalam memajukan Polri.

2. Bintang Bhayangkara Nararya


Bintang Bhayangkara Nararya merupakan kelas terakhir dari Bintang Bhayangkara. Kelas ini setara dengan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Bintang Jalasena Nararya, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya.

3. Satyalancana Pengabdian 24 Tahun


Satyalancana Pengabdian adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh pemerintah kepada anggota kepolisian yang telah menjalankan tugas pokok selama beberapa tahun berturut-turut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1514 seconds (0.1#10.140)