Poros Golkar-Demokrat untuk jegal salah satu kandidat capres

Minggu, 18 Mei 2014 - 14:38 WIB
Poros Golkar-Demokrat untuk jegal salah satu kandidat capres
Poros Golkar-Demokrat untuk jegal salah satu kandidat capres
A A A
Sindonews.com - Kemungkinan terbentuknya poros koalisi baru yang terdiri atas Partai Golkar dan Partai Demokrat pastinya akan membuat kompetisi pemilihan presiden (pilpres) Juli 2014 mendatang semakin menarik.

Kemunculan koalisi baru dengan mengusung capres-cawapres akan menjegal kemenangan poros Joko Widodo (Jokowi), dan membuat pilpres berlangsung dua putaran.

"Upaya koalisi ini bisa jadi bagian dari strategi politik agar pilpres berlangsung dua putaran dan membuat Kubu Jokowi was-was," kata Direktur Eksekutif PolcoMM Institute, Heri Budianto ketika dihubungi wartawan di Jakarta, Minggu (18/05/2014).

Dia mengatakan, dengan dua putaran, maka akan membuat perjalanan politik menjadi panjang. Jokowi dikhawatirkan akan mengalami kelelahan politik. Kelelahan politik ini bisa menguntungkan Prabowo Subianto sebab elektabilitas Prabowo semakin hari semakin meningkat.

Menurut Heri, prediksi dua putaran itu karena otomatis perolehan suara menjadi tersebar ke beberapa pasangan capres-cawapres. Terlebih, jika pasangan capres-cawapres yang diusung Golkar-Demokrat merupakan tokoh yang memiliki elektabitas yang menjual.

"Dalam arti tidak mengusung capres yang elektabilitasnya di bawah 10 persen," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6824 seconds (0.1#10.140)