Dua fase antisipasi virus MERS bagi jemaah

Rabu, 07 Mei 2014 - 22:15 WIB
Dua fase antisipasi virus MERS bagi jemaah
Dua fase antisipasi virus MERS bagi jemaah
A A A
Sindonews.com - Ada dua fase yang harus dipersiapkan calon jemaah haji dan umrah untuk menghadapi Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) atau flu unta. Jemaah harus menjalankan suntik meningitis.

"Pertama, fase sebelum berangkat para jamaah harus melakukan suntik meningitis dan suntik flu sesuai aturan pemerintah," kata Koordinator Bidang Humas Forum Komunikasi (FK) Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Kota Tangerang Arif Rahman kepada Sindo, Rabu (7/5/2014).

Kemudian, kata dia, jemaah melakukan konsultasi kesehatan kepada dokter bagi mereka yang mengidap penyakit tertentu. Mempersiapkan fisik yang prima untuk menjalankan ibadah ke Tanah Suci.

Fase kedua, kata dia, saat berada di Tanah Suci. Calon jemaah hendaknya menjalankan perilaku hidup sehat makan dan istirahat yang cukup. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan memakai masker ketika berada di Tanah Suci.

"Saat ini di Kota Makkah sedang dilakukan pembangunan besar-besaran, sehinga debu bertebaran dimana-mana. Tentunya rentan penyakit pernafasan bila tidak mengantisipasinya," kata dia.

Maka itu, Arif yang juga pengasuh KBIH Wahana At-Taqwa ini mengimbau, agar jemaah menggunakan masker saat berada di Makkah. "Memakai masker juga penting, ada aturan yang mengatur pemakaian masker yang harus dipahami jamaah di sana," kata dia.

Selain itu, kata dia, istirahat juga penting untuk mengantisipasi virus MERS tersebut. Agar badan tetap sehat.

"Begitu juga dengan istirahat, ibadah menjadi penting untuk dimaksimalkan, namun harus diimbangi dengan istirahat agar kondisi badan tetap prima," pungkasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7362 seconds (0.1#10.140)