Tokoh muda potensial terlupakan di Pilpres 2014

Rabu, 07 Mei 2014 - 16:01 WIB
Tokoh muda potensial...
Tokoh muda potensial terlupakan di Pilpres 2014
A A A
Sindonews.com - Banyak tokoh muda potensial yang cenderung terlupakan dalam menyikapi rencana kepemimpinan Indonesia pada pemilu presiden (Pilpres) 9 Juli 2014 mendatang.

Menurut Direktur Eksekutif Indo Strategi Andar Nubowo, wacana koalisi antar partai politik masih menekankan bagaimana cara memenangkan pemilu (winning election), ketimbang mengedepankan tipe pemerintahan yang efektif (ruling government). Sehingga, penentuan calon presiden dan wakil presiden masih berdasar pada kepentingan politik praktis.

Hasilnya, kata dia, tokoh-tokoh muda yang dianggap potensial seperti Hary Tanoesoedibjo (HT), Mahfud MD, Gita Wirjawan dan Hajriyanto Y Thohari kerap dilupakan dan parpol lebih memilih tokoh lama serta populer.

"Mereka putera terbaik bangsa yang diharapkan dapat berkontribusi besar bagi pemajuan bangsa dan negara ke depan. Sangat disayangkan jika mereka ini tidak diperhitungkan dan diberi peran untuk memajukan Indonesia ke depan," ungkap Andar saat diskusi politik, di Galeri Cafe, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Rabu (7/5/2014).

Bagi Andar, tokoh seperti mereka dianggap memiliki kompetensi kerja yang bagus. Selain, berpengalaman di bidangnya masing-masing, sikap profesionalisme mereka dinilai sangat efektif untuk membangun pemerintahan ke depan.

Dengan komposisi capres dan cawapres yang sudah diketahui publik, katanya, partai politik juga harus cermat melihat potensi tokoh lain yang dianggap layak mengisi pemerintahan.

"Akibatnya aspek-aspek penting terkait persoalan dan tantangan besar yang akan dihadapi bangsa Indonesia dalam lima tahun mendatang relatif diabaikan," pungkas Andar.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7714 seconds (0.1#10.140)