Warga Solo minta capres penuhi 2 syarat

Minggu, 27 April 2014 - 16:27 WIB
Warga Solo minta capres penuhi 2 syarat
Warga Solo minta capres penuhi 2 syarat
A A A
Sindonews.com - Jelang perhelatan akbar pemilu presiden (pilpres) nanti, warga Kota Solo yang tergabung dalam komunitas Republik Aeng-aeng mengajukan dua persyaratan kepada siapa saja pasangan bakal calon (balon) presiden yang akan maju dalam pilpres mendatang.

Bila kedua syarat tersebut tidak dipenuhi, maka jangan harap bisa mendapatkan dukungan dari warga Kota Solo.

Koordinator Republik Aeng-Aeng Mayor Haristanto mengatakan, kedua syarat utama yang wajib dan harus dipenuhi siapa saja yang berminat maju dalam pilpres nanti yaitu amanah dan tidak haus akan kekuasaan.

"Kedua syarat tadi wajib dipenuhi. Kalau bakal calon presiden siapapun itu, tidak memenuhi kedua persyaratan tadi, tidak usah maju dalam pencalonan," jelas pria akrab disapa Mayor,di sela aksi "Mencari Pasangan Capres dan Caapres Ideal," di depan Pengadilan Negeri, Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/4/2014).

Menurut Mayor, presiden terpilih haruslah orang yang amanah. Yang dimaksud amanah, ungkap Mayor, benar-benar menjalankan amanah yang dibebankan oleh rakyat terhadap presiden terpilih. Bukan sebaliknya, amanah menjalankan beban yang diberikan partai pengusungnya.

"Yaitu,bersedia menjadi pelayan masyarakat, mengayomi masyarakat dan terpenting menyejahterakan rakyatnya. Bukan menyejahterakan golongannya atau partai politik yang mengusungnya," paparnya.

Untuk syarat kedua yaitu tidak haus terhadap kekuasaan. Dimana kekuasaan yang diberikan rakyat kepada presiden terpilih bukan dipergunakan untuk menindas rakyatnya.

Namun,kekuasaan yang diberikan rakyat benar-benar dijaga seutuhnya oleh presiden terpilih untuk menjaga kehormatan negara. Diharapkan kekuasaan yang diberikan rakyat tidak menjadikan presiden terpilih tersebut haus akan kekuasaan dan melanggengkan kekuasaannya.

"Kalau presiden terpilih haus terhadap kekuasaan bisa bahaya. Bukan saja akan mempergunakan kekuasaan yang diberikan rakyat kepadanya untuk menindas rakyatnya sendiri. Namun, kekuasaan yang diberikan kepadanya oleh rakyat, justru digunakan presiden terpilih untuk melanggengkan kekuasaannya," jelasnya.

Menyangkut tiga kandidat presiden yang saat ini tengah mencuat, dengan tegas Mayor mengatakan harus memenuhi dua persyaratan tersebut. Tak hanya itu saja, Mayor pun menyatakan menyerahkan sepenuhnya siapa saja yang terpilih kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Kita serahkan sepenuhnya pada yang di Atas. Siapa dari ketiganya yang terpilih dan layak. Karena dari ketiganya yang saat ini maju, itu sudah urusan Tuhan. Bukan urusan manusia lagi," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6243 seconds (0.1#10.140)