KPU Jabar lembur hitung hasil pileg

Selasa, 22 April 2014 - 21:36 WIB
KPU Jabar lembur hitung hasil pileg
KPU Jabar lembur hitung hasil pileg
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat masih melaksanakan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 tingkat Jawa Barat. Hari ini, hasil pileg yang akan dihitung berasal dari 13 daerah.

Hingga pukul 18.30 WIB, baru ada delapan daerah yang hasil pilegnya sudah dihitung, masing-masing Kota Tasikmalaya, Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Banjar, Kota Cirebon, Kota Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Majalengka.

"Sisanya, lima daerah akan kita usahakan dituntaskan malam ini," ujar anggota KPU Jawa Barat, Endun Abdul, di Kantor KPU Jawa Barat, Kota Bandung, Selasa (22/4/2014).

Kelima daerah itu masing-masing Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Garut. "Kita usahakan pukul 22.00 WIB bisa selesai," ucapnya.

Hal itu sengaja dilakukan agar 13 daerah lagi bisa direkapitulasi hasil suaranya besok. Sedangkan pada 24 April, parpol maupun calon anggota DPD diberi kesempatan untuk menyampaikan keberatan atas hasil rekapitulasi.

"Sejauh ini rekapitulasi berjalan lancar. Mungkin nanti keberatan-keberatan akan disampaikan masing-masing pihak pada hari ketiga," ungkap Endun.

Dijelaskannya, pelaksanaan rekapitulasi hari ini berjalan molor sekira dua jam. Itu karena ada protes-protes kecil pada awal-awal rekap oleh para saksi. Tapi persoalan itu sudah selesai.

"Kita juga tadi membacakan dulu tata tertib rekapitulasi. Itu kenapa rapat pleno baru bisa dilakukan sekira pukul 11.00 WIB dari jadwal pukul 09.00 WIB," jelasnya.

Sementara untuk besok diharapkan tidak ada kendala sehingga proses rekapitulasi bisa dimulai pukul 09.00 WIB.

Endung menambahkan, kuota kursi DPR RI dari dapil Jawa Barat ada 91 orang, DPRD Jawa Barat ada 100 orang, dan anggota DPD hanya empat orang.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6255 seconds (0.1#10.140)