Pleno rekapitulasi pileg di Jabar dimulai

Selasa, 22 April 2014 - 14:42 WIB
Pleno rekapitulasi pileg di Jabar dimulai
Pleno rekapitulasi pileg di Jabar dimulai
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 mulai hari ini hingga 24 April.

Sebanyak 26 perwakilan KPU kabupaten/kota se-Jawa Barat berkumpul untuk menyampaikan hasil pileg di daerah masing-masing.

Awalnya, rekapitulasi akan digelar di dua lokasi di Kantor KPU Jawa Barat, Kota Bandung, yaitu di aula dan di salah satu ruangan lainnya. Tapi akhirnya hanya satu ruangan yang dipakai yaitu aula karena penggunaan dua lokasi tidak direstui Bawaslu Jawa Barat.

"Jadinya satu ruangan yang dipakai karena Bawaslu Jawa Barat hanya menginginkan satu ruangan saja yang dipakai," kata Sekretaris KPU Jawa Barat, Heri Suherman, Selasa (22/4/2014).

Jika rekapitulasi digelar di dua ruangan, dikhawatirkan akan menjadi polemik. Apalagi saksi yang dikirimkan masing-masing parpol hanya satu orang.

Karena saksi hanya satu orang, maka saksi hanya bisa menyaksikan rekapitulasi di salah satu ruangan. "Kalau seperti itu, kan tidak bisa disaksikan semua rekapitulasinya oleh saksi. Jadi biar tidak ada polemik, kita hanya pakai satu ruangan," jelas Heri.

Sementara saat ini, rekapitulasi sedang berlangsung. KPU Kota Tasikmalaya kebagian yang pertama membacakan hasil pileg di daerahnya. "Urutan KPU yang membacakan lebih dulu ditentukan berdasarkan jam kehadiran mereka," ucap anggota KPU Jawa Barat, Agus Rustandi.

Dalam rekapitulasi itu, hasil pileg dibacakan perwakilan KPU Kota Tasikmalaya dengan disaksikan Bawaslu Jawa Barat, perwakilan parpol, dan perwakilan calon anggota DPD.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9115 seconds (0.1#10.140)