Jangan campuri urusan akademik dengan politik

Senin, 14 April 2014 - 21:49 WIB
Jangan campuri urusan akademik dengan politik
Jangan campuri urusan akademik dengan politik
A A A
Sindonews - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyesalkan adanya profil singkat Jokowi dalam soal mata pelajaran Bahasa Indonesia pada Ujian Nasional (UN) 2014.

"Jangan susupi masalah akademik dg urusan politik," ujar Ketua KPAI Asrorun Niam Sholeh, Senin (14/4/2014).

Tidak hanya investigasi, KPAI meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memberikan sanksi bagi pihak yang terlibat dalam persoalan ini. "Harus ada sanksi tegas agar kejadian serupa tidak terus terulang," ujar Asrorun.

Dia mengatakan, KPAI sudah berkomunikasi dengan kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Namun kadisdik belum mengetahui kasus ini dan berjanji akan mencari informasi.

Asrorun juga meminta kepala Badan Standar Nasional Pendidikan dan kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud juga bertanggung jawab. "Jangan lepas tangan," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, profil Gubernur DKI Jakarta itu muncul di lembar ke tujuh soal ujian Bahasa Indonesia.Dalam soal tersebut diceritakan soal perilaku dan prestasi Jokowi.

Berikut isi soal yang mengangkat tema Jokowi.

Cermati kutipan biografi berikut ini untuk menjawab soal nomor 13 dan 14!

"Ir. H. Joko Widodo lahir di Surakarta, 21 Juni 1961, merupakan alumnus UGM. Sejak 15 Oktober Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI. Tokoh yang jujur dan selalu bekerja keras ini dikenal dengan gaya blusukannya ke pelosok ibukota. Berbagai penghargaan telah beliau raih, antara lain ia termasuk salah satu tokoh terbaik dalam pengabdiannya kepada rakyat.

Sebagai tokoh seni dan budaya, beliau dinilai paling bersih dari korupsi. Namun demikian, usahanya di bidang upah minimum provinsi (UMP) mengalami kendala oleh tindakan buruh yang memanggil kembali perwakilannya saat sidang berlangsung. Buah dari pertemuan tersebut dewan pengupahan menetapkan UMP sebesar Rp 2,2 juta."

Berikut salah satu soal yang ditanyakan terkait kutipan di atas.

Keteladanan Jokowi pada kutipan wacana tersebut adalah...
A. alumni UGM yang cinta seni dan budaya
B. gemar blusukan ke pelosok wilayahnya
C. mengadakan pertemuan dengan dewan pengupahan
D. menjadi tokoh seniman terkemuka di DKI Jakarta
E. menerima berbagai penghargaan dan gelar


Berita:
Lho kok ada Jokowi di soal UN?
Muncul di soal UN, Jokowi ngaku enggak tahu
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5832 seconds (0.1#10.140)