Tsunami Chili berimbas ke Indonesia, server BNPB down

Rabu, 02 April 2014 - 20:23 WIB
Tsunami Chili berimbas ke Indonesia, server BNPB down
Tsunami Chili berimbas ke Indonesia, server BNPB down
A A A
Sindonews.com - Berita yang menyebutkan tsunami yang melanda Chili akan berimbas ke wilayah Indonesia, menyedot perhatian masyarakat. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang memastikan kebenaran kabar tersebut, terkena imbas dari keingintahuan masyarakat.

Situs BNPB, www.bnpb.go.id, diserbu oleh masyarakat yang ingin memastikan kabar tersebut secara resmi. Walhasil, server mengalami down sejak sore hingga sekira pukul 19.40 WIB tadi.

Pada pukul 19.50 WIB, berangsur-angsur situs BNPB mulai bisa diakses. Namun masih ada beberapa fitur yang belum dapat secara penuh tampil di situs BNPB.

Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho yang dikonfirmasi mengakui server BNPB down akibat tidak mampu menampung para pengakses. Berdasarkan data server, pengakses situs mencapai ratusan ribu.

"Tadi sampai 400 ribuan pada saat yang sama. Sehingga web BNPB lambat sekali," terangnya kepada Sindonews, Rabu (2/4/2014).

Menjelang sore tadi, BNPB memberitahukan kepada segenap media, Indonesia Tsunami Early Warning Center (InaTEWS) di Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), telah mengeluarkan peringatan dini tsunami yang akan melanda beberapa wilayah di Indonesia.

BMKG telah menyampaikan peringatan dini tsunami tersebut kepada Posko BNPB. Ada 115 lokasi di kabupaten atau kota dari 19 provinsi di Indonesia akan berpotensi terjadi tsunami. Tinggi potensi tsunami nol sampai 0,5 meter. Waktu kedatangan tsunami pada Kamis 3 April 2014, sekira pukul 05.11 WIB, hingga pukul 19.44 WIB. Status peringatan adalah waspada.

Baca:
Dampak gempa Chili, tsunami ancam Indonesia
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4347 seconds (0.1#10.140)