Pemulihan Pascabencana Dinilai Perlu Komitmen Semua Pihak

Selasa, 11 Oktober 2022 - 21:11 WIB
loading...
Pemulihan Pascabencana Dinilai Perlu Komitmen Semua Pihak
Jaro Ade di tengah Sirkuit JA Racing Team di Kabupaten Bogor, bekerja sama dengan Korem 061 Suryakencana dalam rangka HUT ke-77 TNI, Sabtu 8 Oktober 2022. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pemulihan terhadap daerah yang dilanda bencana, perlu kemauan semua pihak terutamannya pemerintah daerah terkait. Pandangan ini disampaikan politikus Partai Golkar, Jaro Ade, merespons bencana tanah longsor di daerah Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Hal ini dikatakan Jaro Ade di tengah Sirkuit JA Racing Team yang merupakan lokasi event kejuaraan motor trail Kabupaten Bogor, bekerja sama dengan Korem 061 Suryakencana dalam rangka HUT ke-77 TNI, Sabtu 8 Oktober 2022.

"Ternyata Plt Bupati bukan hanya berkunjung ke sirkuit Cileuksa, tapi juga ke beberapa titik lokasi, ke Desa Cisarua, Pasirmadang, lewat perbatasan Banten dan turun di Cileuksa melihat kondisi huntara," kata Jaro Ade dalam keterangannya, Selasa (11/10/2022).

Baca juga: Beradaptasi Dengan Bencana

Dengan kegiatan yang dilakukan ini sambung Jaro Ade, merupakan semangat antara eksekutif dan legislatif dalam berkomitmen terhadap pemulihan pascabencana Sukajaya.

"2023 harus tuntas pembangunan dan lahan pertanian juga harus mendapat perhatian karena menjadi tempat warga mencari nafkah," tukasnya.

Di sisi lain, Danrem 061/SK, Brigjen TNI Rudy Saladin yang juga mneninjau lokasi hunian sementara (Huntara) di Desa Cileuksa, meminta Pemerintah Kabupaten Bogor maupun pusat, untuk fokus menangani pemulihan pascabencana.

"Harus ada follow up dari pemerintah daerah maupun pusat yang harus memonitor terus menerus," kata Rudy.

Tak hanya meninjau, pihaknya juga melakukan pembagian sembako untuk meringankan beban masyarat yang masih di huntap dan pengobatan gratis untuk memastikan masyarat sehat.

Untuk diketahui, pada acara Cileuksa Open Grasstrack dalam rangka HUT ke-77 TNI turut dihadiri langsung Komandan Korem (Danrem) 061/SK Brigjen TNI Rudy Saladin dan juga seluruh unsur muspida Kabupaten Bogor.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)