Didukung guru besar, Prabowo belum tentu menang

Kamis, 03 April 2014 - 06:08 WIB
Didukung guru besar,...
Didukung guru besar, Prabowo belum tentu menang
A A A
Sindonews.com - Dukungan para guru besar non PNS dan cendekiawan kepada calon presiden (Capres) dari Partai Gerindra Prabowo Subianto dinilai tidak begitu berpengaruh dalam perolehan suara untuk mantan Danjen Kopassus itu.

"Iya belum tentu, karena masih banyak variabel lain yang menentukan kemenangan," kata Pengamat Politik Karyono Wibowo kepada Sindonews, Rabu 2 April 2014.

Kendati demikian, menurut dia, berbagai gerakan dukungan terhadap partai dan capres tertentu itu merupakan hal yang lazim terjadi di setiap menjelang pemilu.

"Termasuk dukungan para guru besar non PNS dan para cendekiawan yang menyatakan dukungannya kepada Prabowo," tuturnya.

Namun, menurut dia, setiap dukungan dari pihak manapun akan berpengaruh terhadap elektabilitas sebuah partai maupun bakal capres. Sebab, lanjut dia, dari aspek opini publik tentu berpengaruh positif terhadap figur yang didukung.

"Tapi jika ditanya apakah dukungan tersebut bisa dipastikan berpengaruh terhadap kemenangan Prabowo? Maka harus digarisbawahi terlebih dahulu, seberapa besar mobilisasi dukungan kepada Prabowo tersebut. Berapa jumlah massa yang dimobilisasi, lalu berapa dari jumlah yang dimobilisasi benar-benar akan memilih Prabowo," imbuhnya.

Karena, sambung dia, mobilisasi massa dalam atmosfir politik saat ini tidak bisa dibaca secara linear terhadap elektabilitas. "Seperti halnya, kita tidak bisa mengukur elektabilitas parpol dan kandidat presiden dari jumlah massa yang hadir di kampanye terbuka," ucapnya.

Kendati demikian, tambahnya, dukungan dari para guru besar non PNS dan cendekiawan tersebut berpengaruh positif secara opini.

Seperti diketahui, puluhan guru besar non PNS dan cendekiawan menyatakan dukungannya kepada bakal calon presiden dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Pemilu 2014.

"Kami memberikan amanah kepada bapak Letjen (Purn) Prabowo Subianto untuk memimpin bangsa Indonesia periode 2014-2019," kata Mantan Rektor Universitas Padjajaran Bandung, Prof Dr Yuyun Wirasasmita dalam deklarasikan dukungan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Rabu kemarin.

Dalam acara deklarasi itu, mereka berharap kepada Prabowo agar berkomitmen melaksanakan Pasal 33 UUD 1945 tentang pengembangan ekonomi bangsa berbasis kerakyatan. Para guru besar non PNS dan cendekiawan juga mempunyai aspirasi agar Prabowo melaksanakan Pancasila, UUD 1945 secara murni dan konsekuen, dan menjaga keutuhan NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)