Enam usulan Iluni UI untuk Pemilu 2014

Selasa, 25 Februari 2014 - 15:01 WIB
Enam usulan Iluni UI untuk Pemilu 2014
Enam usulan Iluni UI untuk Pemilu 2014
A A A
Sindonews.com - Partisipasi pemilih dan kecurangan selalu menjadi topik yang muncul pada setiap pemilihan umum. Oleh karena itu, kedua hal ini dinilai harus diperhatikan agar tidak menjadi permasalahan pada Pemilu 2014.

Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Ilumni UI) mengajukan enam usulan agar pemilu berjalan baik. Usulan tersebut telah diserahkan kepada KPU. Usulan itu meliputi pertama, pelibatan masyarakat dalam proses penghitungan suara. "Kedua, hasil perhitungan suara di semua TPS bisa difoto untuk arsip dan pegangan masyarakat sebagai bukti autentik jika dibutuhkan," ujar Ketua Umum ILUNI UI Chandra Montik di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Selasa (25/2/2014).

Ketiga, kata dia, KPU harus mempublikasikan hasil perhitungan suara di TPS di seluruh Indonesia di website resminya. "Keempat, hasil perhitungan suara di tingkat yang lebih tinggi harus sama dengan hasil penjumlahan perhitungan suara di tingkat yang lebih rendah," ucapnya.

Kelima, lanjut dia, jumlah pemilih dan surat suara juga harus dipublikasikan dengan jelas di website resmi KPU. Terakhir, partisipasi semua kelompok masyarakat untuk mengawasi proses perhitungan suara.

Berita:
Jurdil jadi faktor penting pemilu
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7071 seconds (0.1#10.140)