Pilih capres dengan 5 syarat ini

Minggu, 09 Februari 2014 - 14:48 WIB
Pilih capres dengan 5 syarat ini
Pilih capres dengan 5 syarat ini
A A A
Sindonews.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie mengajak masyarakat untuk tidak golput dan memilih calon presiden secara cerdas agar tak salah pilih.

Hal itu ia katakan saat menghadiri acara Sarasehan Nasional Ulama Pesantren dan Cendikiawan bersama mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi di Depok.

Di depan 300 ulama dan cendikiawan, Jimly memaparkan syarat seorang pemimpin. Ia menyebutkan masyarakat harus memilih pemimpin yang mempunyai lima syarat utama.

Kriteria itu, kata Jimly, pertama sosok tersebut harus mengerti masalah. Setelah memahami masalah, kata dia, sosok tersebut harus paham sistem.

"Sehingga sedapat mungkin membuat sistem itu efektif dan menjadikan dirinya contoh dalam kehidupan bersistem. Ketiga, ia juga harus mampu menata dan memperbaiki sistem sehingga membuat sistem efektif dan memastikan sistem itu jalan. Ini lah kriteria seorang pemimpin yang harus kita kenali. Kalau kita salah pilih, ya repot juga," kata Jimly di Jalan H Amat, Kukusan, Beji, Depok, Minggu (9/2/2014).

Jimly menambahkan saat ini banyak lembaga dan komisi yang kurang efektif. Ia mengkritik lemahnya pengawasan dan kebijakan pemerintah.

"Sudah terlalu banyak komisi dan lembaga. Komisi apapun sudah ada, yang belum ada cuma komisi janda, di sinilah peran para ulama NU sangat dibutuhkan. Karena kita tahu, besar sekali sumbangan para ulama NU untuk perkembangan bangsa," tutupnya.

Baca berita:
Mau dipilih, ini yang harus dilakukan capres
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7542 seconds (0.1#10.140)