Partai besar tidak bisa jalan sendiri

Selasa, 04 Februari 2014 - 18:42 WIB
Partai besar tidak bisa...
Partai besar tidak bisa jalan sendiri
A A A
Sindonews.com - Setelah Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014, partai politik (parpol) akan berusaha sekuat tenaga untuk bisa sukses di Pemilihan Presiden (Pilpres). Partai politik akan lebih intens membangun komunikasi dengan parpol lain guna mewujudkan kepentingannya.

Partai yang meraih suara besar pada pileg akan memainkan peran penting dalam membangun koalisi menuju pemilihan presiden (pilpres). "Sebagaimana pemilu sebelumnya, partai besar akan memainkan peran penting dalam pembentukan koalisi. Meskipun demikian, partai besar akan tetap memerlukan partai menengah/kecil untuk membentuk koalisi," kata Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro saat berbincang dengan Sindonews, Selasa (4/2/2014).

Dalam koalisi, kata dia, partai besar akan memimpin lantaran memiliki jumlah kursi yang lebih banyak. Mau tak mau partai menengah maupun kecil mengikuti pola yang ditawarkan partai besar. "Meskipun bukan berarti partai menengah atau kecil tidak memainkan peran sama sekali," terangnya.

Siti menambahkan, partai menengah atau kecil dengan kepiawaian yang dimiliki akan proaktif melakukan tawar menawar politik sehingga keberadaannya dalam koalisi relatif ikut mewarnai. "Partai besar akan tetap memerluka partai menengah atau kecil dalam pemerintahan dan di parlemen," ujarnya.

Berita:
Sentimen masa lalu hambat koalisi PDIP & Golkar

PDIP ogah pikirkan koalisi
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)